Lemeah Makanan Khas Rejang, Berikut Kuliner Bikin Ngiler di Bengkulu

Minggu 14-07-2024,22:48 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Bodok

PAGARALAMPOW.COM - Nmanya Lemeah, Lemeah merupakan makanan khas bagi Suku Rejang Provinsi Bengkulu.  Makanan ini terbuat dari Bambu Muda (Rebung) dan ikan sungai.

Uniknya, semua bahan di bersihkan kemudian di potong kecil-kecil dan disimpan di dalam wadah yang berlapis daun Pisang dan didiamkan selama dua sampai lima hari untuk proses fermentasi. Sesudah proses fermentasi, barulah diolah kembali menjadi sebuah masakan.

Dan inilah Lemeah yg setelah ditumis menggunakan cabai merah dan cabai rawit, bawang Merah & bawang Putih dan rempah lainnya. Jng lupa sisipkan  tumbukan Serai/sereh. 

Setelah di masak, aroma yang sebelumnya kurang enak, kini telah menjadi sesuatu yang sangat menggugah selera.

BACA JUGA:Mengenal Budaya Rejang, Yang Unik Memiliki 5 Dialek Bahasa

Perpaduan rempah – rempah yang pas, benar -benar akan membuat anda menyesal jika tidak menyantapnya. 

Rasanya? heeeeemmm jangan ditanya, campuran asam, pedas, gurih, asin dan segar menggugah selera, apa lagi disandingkan dengan nasi putih, ikan mas, pucuk ubi rebus dan lalapan, waw mantap jiwa.

Apa lagi menyantapnya di pondokan di tepi sawah.  Bila anda berkunjungan ke Provinsi Bengkulu, jangan lupa singgah di Ke Kota kami, Rejang Lebong karena disanalah surganya makanan berKhas dan berkelas. 

Kue Lempok Durian

Lempok durian atau dodol durian adalah salah satu jenis dodol yang populer dengan bahan daging durian.

BACA JUGA:Mengenal Suku Rejang, Etnis Pertama Penghuni Wilayah Bengkulu

Lempok durian tidak memakai tepung, bahannya hanya durian dicampur gula, ketan dan kelapa. Kue ini bertekstur padat dan lembut serta memiliki rasa manis dan lezat dari durian.

Kue Lempok durian biasa ditemukan di pasar tradisional atau toko kue khas Bengkulu. Kue ini juga sering dijadikan oleh-oleh khas Bengkulu.

Selain itu kue ini biasa dijadikan sebagai makanan penutup atau hidangan pembuka pada acara-acara spesial.

Kue Sawut

Kategori :