Cerita Legenda Naga dan Buaya di Sungai Kapuas Kalimantan Barat

Sabtu 04-05-2024,03:33 WIB
Reporter : Jukik
Editor : Almi

Sementara pola pemukiman yang mengikuti aliran sungai mencerminkan kedekatan mereka dengan sumber daya alam yang melimpah di sekitar Sungai Kapuas.

Melalui legenda-legenda yang diwariskan secara turun temurun, catatan-catatan sejarah yang mengungkap peran penting Sungai Kapuas dalam kehidupan masyarakat, serta pemahaman yang mendalam tentang potensi bahaya dan risiko di sekitar sungai ini.

Kita dapat memahami betapa pentingnya pelestarian dan pengelolaan Sungai Kapuas bagi keberlangsungan kehidupan dan peradaban di Kalimantan Barat. 

BACA JUGA:Menyimpan Cerita Menarik! Inilah 4 Tempat Wisata Sejarah PALI yang Wajib Kamu Kunjungi

Sungai Kapuas bukan hanya sebuah aliran air, namun juga merupakan cerminan dari keberagaman budaya, kekayaan alam, serta kearifan lokal yang perlu dilestarikan dan dijaga bersama-sama oleh seluruh masyarakat di sekitarnya.*

 

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Legenda Sungai Kapuas dan Kisah Naga Buaya Sang Anak Raja", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2022/10/29/084000078/legenda-sungai-kapuas-dan-kisah-naga-buaya-sang-anak-raja?page=all.

 

Kategori :