Inilah Penyebab Radiator Bocor yang Tak Banyak Orang Tahu!

Rabu 10-01-2024,18:16 WIB
Reporter : Sandi
Editor : Sandi

BACA JUGA:Hud Filbert, Artis yang Terjerat Kasus Narkotika, ini Profilnya!

Jika Anda mengetahui dan melihat ada sedikit air radiator menetes, jangan tunggu lama. Segera ambil tindakan dengan membawanya ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan yang lebih mendalam.

Ini merupakan salah satu cara mencegah kebocoran radiator dengan selalu merawat dan mengecek kondisi air radiator. Mengingat, tak bisa dipungkiri jika penyebab adanya air coolant yang merembes keluar bisa dipicu karena kurang adanya perhatian pada bagian radiator motor.

So, sudah jelas dan pasti bahwa perawatan mandiri tetap menjadi langkah penting selain melakukan service rutin di bengkel resmi. Setidaknya sebagai tindakan preventif untuk meminimalisir kerusakan atau kebocoran.

Adanya Partikel di Selang Radiator

Di sisi lain, faktor yang memicu terjadinya masalah pada radiator bisa jadi karena adanya partikel kecil yang bisa saja memiliki permukaan atau sudut tajam. Sehingga, memicu timbulnya lubang kecil kasat mata yang membuat cairan coolant pun ikut keluar.

Kondisi atau penyebab seperti ini memang jarang terjadi. Namun, juga ada yang pernah mengalaminya.

Bisa saja partikel kecil tersebut berupa kerikil super kecil namun memiliki sudut tajam. Atau, mungkin bekas pecahan kaca yang tanpa sengaja ada di jalan kemudian terlontar dan masuk di area radiator.

BACA JUGA:Tak Hanya Tempat Wisata yang Menarik! Karawang Juga Ada Makanan Khasnya yang Nikmat dan Sudah di Akui UNESCO

Jadi, ada baiknya untuk selalu menganalisa berbagai penyebab kebocoran atau rembesnya cairan coolant pada radiator.

Adanya Hantaman Benda Keras

Sering tidak disadari bahwa ternyata kebocoran di area radiator bisa saja disebabkan karena adanya hantaman dari benda keras.

Bisa dipicu karena dari batu kecil yang terlontar melalui bagian bawah motor kemudian menghantam area saluran air radiator.

BACA JUGA:IMT-GT Perkuat Konektivitas dan Pariwisata di Tiga Negara

Selain itu, bisa juga karena adanya gesekan dengan benda lain yang sangat keras sehingga membuat radiator menjadi bocor dan coolant pun keluar.

Umumnya, penyebab radiator motor bocor karena hal seperti ini seringkali tidak disadari. Biasanya, kejadian ini akan mulai terlihat jika kondisinya mulai parah.

Kategori :