Inilah Penyebab Radiator Bocor yang Tak Banyak Orang Tahu!

Rabu 10-01-2024,18:16 WIB
Reporter : Sandi
Editor : Sandi

BACA JUGA:Profil Aktor Tampan Jonathan Frizzy yang Sering Muncul di Sinetron

Tak jarang bahwa air radiator pada motor matic seringkali diganti dengan menggunakan air biasa. Padahal, ini merupakan tindakan yang tidak tepat sama sekali.

Bukan tanpa alasan mengingat air dengan kandungan oksigen terlarut dan beberapa kandungan kimia lain, sangat mudah memicu munculnya korosi.

Artinya, air biasa sangat berpotensi menimbulkan karat pada benda logam. Termasuk dalam hal ini jika digunakan untuk mengisi air radiator.

Karena, nantinya akan disalurkan ke seluruh susunan komponen mesin melalui jalur khusus maka tak menutup kemungkinan air tersebut akan memicu karatan. Sehingga, saluran sebagai lewatnya air radiator menjadi berlubang karena korosi.

BACA JUGA:Profil Aktor Tampan Jonathan Frizzy yang Sering Muncul di Sinetron

Dengan demikian maka lama-lama pun akan membuat radiator pada motor matic pun bocor.

Jelas sudah jika penggunaan air biasa sebagai cairan radiator tidak bisa dibenarkan. Mengingat akan menimbulkan dampak kerusakan yang sangat parah. Khususnya di area radiator.

Maka, untuk mencegah masalah karatan atau korosi, sangat disarankan sekali untuk selalu menggunakan cairan coolant yang memang khusus sebagai cairan radiator motor.

Kurangnya Perawatan khusus Radiator

Seringkali memang tanpa disadari, kebanyakan orang hanya sekedar service berkala semata dan dianggap sudah selesai.

BACA JUGA:Yakin Berani Kesini! Inilah Deretan 5 Wisata Extreme yang ada di Indonesia

Padahal, tentu diperlukan pengecekan mandiri setiap waktu. Seperti dengan menjaga atau merawat kondisi di area radiator.

Sebab, tak menutup kemungkinan di saat service dilakukan, kejadian kebocoran pada radiator tidak diketahui oleh mekanik.

Oleh sebab itu, kurangnya perhatian dalam merawat dan mengecek kondisi radiator bisa menjadi salah satu hal yang sangat besar kemungkinan memicu kebocoran atau kerusakan di bagian radiator itu sendiri.

Maka dari itu, seminggu sekali sebaiknya Anda melakukan pengecekan dengan melihat apakah ada kebocoran atau sedikit indikasi kebocoran.

Kategori :