IMT-GT Perkuat Konektivitas dan Pariwisata di Tiga Negara

IMT-GT Perkuat Konektivitas dan Pariwisata di Tiga Negara

IMT-GT Perkuat Konektivitas dan Pariwisata di Tiga Negara-tangkapan layar-kemenparekraf.go.id

Labuan Bajo, PAGARALAMPOS.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-15 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) diyakini mampu meningkatkan konektivitas dan pertumbuhan di sektor Pariwisata bagi tiga negara.

Menparekraf Sandiaga seusai gelaran IMT-GT di Gua Batu Cermin, Labuan Bajo, Kamis, 11 Mei 2023 menjelaskan pemerintah hari ini meluncurkan program Visit Year IMT-GT 2023-2025 sebagai subregion dari ASEAN yang diharapkan bisa melibatkan 10 provinsi yang ada di Sumatra serta Thailand Selatan dan Malaysia.

BACA JUGA: Gak Kalah Cantik dengan Pixie Style, Wofl Cut Girl jadi Salah Satu Tren Rambut Pendek Wanita 2023

“Dengan tiga isu utama pertama hilirisasi industri termasuk industri pariwisata, juga penguat konektivitas sehingga targetnya bisa lebih meningkatkan kunjungan wisatawan,” katanya.

Karena, kata Menparekraf, tiga negara ini posisinya berdekatan baik secara geografis maupun kultur. 

“Dengan harapan ada target awal 60 juta wisatawan bisa kita raih dengan visit year ini dan ada potensi tambahan devisa 75 miliar dolar AS. Dan Indonesia diminta menjadi pemimpin dalam visit year ini,” katanya.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan akan memulai dengan menginisiasi langsung program tersebut pada pekan ini di Bangka Belitung dan Sumatra Selatan. 

BACA JUGA:Jangan Buru-buru! Simak 6 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Potong Rambut Model Pixie Hair

“Setelah itu kami akan datang ke-10 provinsi yang ada di Sumatra termasuk event di Malaysia dan Thailand. Juga konektivitas antara Batam-Bintan dengan Malaysia-Johor dan beberapa destinasi lainnya untuk meningkatkan konektivitas dari ketiga negara,” ujarnya.

Terakhir, kata Menparekraf Sandiaga, pihaknya akan menggelar event world entrepreneur summit di Padang, Sumatra Barat. 

“Tadi saya langsung mengundang PM Malaysia dan perwakilan dari pemerintah Thailand juga Sekjen ASEAN untuk menghadiri event tersebut. Sebagai bagian dari event-event yang dirancang untuk IMT-GT,” katanya.

BACA JUGA:Optimis Menang! DPC Demokrat Pagar alam Targetkan 3 Kursi

Pihak delegasi sendiri menyambut baik, terutama salah satu pilar yang akan didorong adalah wisata halal yang diangkat oleh Malaysia dan Thailand.

“Saya juga membawa oleh-oleh untuk Labuan Bajo, tadi sesaat mengantar Pemerintah Singapura kami sempat berbicara untuk melakukan penerbangan dari Singapura ke Labuan Bajo,” kata Menparekraf Sandiaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenparekraf.go.id