Pantau Kapal Penangkap Ikan Dari Cina, AL Chili Kerahkan Kapal Selam Scorpene Class

Jumat 22-12-2023,02:41 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Gusti

PAGARALAMPOS.COM - Lazimnya kapal selam digunakan untuk misi intai yang bersifat strategis, namun ada yang unik dari Angkatan Laut Chili yang mengerahkan kapal selam Scorpene class untuk misi mengawasi kehadiran kapal penangkap ikan laut dalam dari Cina.

Angkatan laut Chile baru-baru ini menggelar Oceanic Fisheries Control Operation (OFPO) di Juan Fernández Island Marine Park. L

Untuk itu, Angkatan Laut Chili mengumumkan bahwa salah satu kapal selam serang diesel-listrik Scorpene class dikerahkan untuk operasi pengawasan ini.

Tujuannya untuk secara cermat memantau pergerakan dan operasi armada kapal penangkapan ikan Cina di perairan taman laut tersebut.

BACA JUGA:Berkas Perkara Senpi Ilegal Lengkap, Bareskrim Serahkan Dito ke Kejari Jaksel

Misi OFPO merupakan bagian integral dari strategi maritim Chili, yang bertujuan untuk memantau dan mengatur armada penangkapan ikan nasional dan internasional yang beroperasi di wilayah laut Chili.

Operasi-operasi ini memastikan kepatuhan terhadap perjanjian internasional, memperkuat perlindungan cagar alam laut, dan pada akhirnya berkontribusi pada integritas dan kedaulatan wilayah negara.

Berbicara mengenai pentingnya operasi ini, Angkatan Laut Chile menekankan bahwa upaya tersebut sangat penting untuk kepatuhan Chile terhadap perjanjian internasional.

Tdak hanya melindungi cagar alam laut dan berkontribusi terhadap pembangunan nasional tetapi juga sejalan dengan komitmen negara terhadap pengelolaan sumber daya laut.

BACA JUGA:Kim Jong Un Bikin Keder Amerika, Luncurkan Rudal Antar Benua Sambut Kedatangan Kapal Selam Nuklir USS Missouri

Hal ini terjadi di tengah meningkatnya kekhawatiran terhadap aktivitas armada penangkapan ikan laut dalam Cina yang berlayar hingga kawasan Pasifik Selatan.

Dikutip defence-blog.com (20/12/2023), armada kapal penangkap ikan laut dalam Cina, menjadi yang terbesar di dunia dan sedang menjarah Pasifik Selatan.

Mereka dengan rakus mengambil tuna sebanyak-banyaknya, termasuk spesies yang terancam punah.

Laporan terbaru menunjukkan bahwa kehadiran kapal penangkapan ikan dari Cina telah mengalami peningkatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, meningkat lebih dari 500 persen sejak tahun 2012.

BACA JUGA:Inilah Tiga Lokasi Kandidat Bakal Basis Kapal Selam Nuklir Australia

Kategori :