Membongkar Rahasia Gunung Kawi, Jejak Keunikan dan Misteri yang Membuat Tercengang

Selasa 12-12-2023,07:31 WIB
Reporter : Jukik
Editor : Jukik

PAGARALAMPOS.COM - Gunung Kawi, sebuah destinasi yang menyimpan rahasia dan memancarkan keunikan yang memukau, menjadi titik fokus dalam upaya memahami warisan sejarah dan budaya Indonesia. 

Terletak di Bali, Gunung Kawi memberikan jejak keunikan dan misteri yang tak terlupakan. 

Artikel ini akan membongkar rahasia Gunung Kawi, membawa pembaca dalam perjalanan menelusuri setiap detail dan ukiran yang menjadi bagian dari warisan sejarah yang luar biasa ini. 

Dengan menggali ke dalam jejak keunikan dan misteri Gunung Kawi, kita akan memahami makna mendalam dari setiap batu dan relief yang tersembunyi di tempat ini.

BACA JUGA:Mengenal Kampus Unggulan, Inilah 5 Universitas Negeri Terfavorit di Palembang

Tiga sejarah misteri yang ada di gunung kawi, salah satunya Mitos Pohon Dewandaru yang dinamakan pohon Dewandaru atau pohon Kesabaran.

Gunung Kawi yang terletak di Malang, Jawa Timur.

Mungkin sudah sering terdengar bahwa Gunung Kawi digunakan sebagai lokasi wisata spiritual dan juga lokasi mencari ‘pesugihan’.

Mungkin yang terlintas dalam pikiran adalah betapa mistisnya lokasi ini.

Yuk, simak penjelasn sejarah misteri gunung kawi dibawah ini:

BACA JUGA:Misteri Yang Bikin Bingung, Inilah Kisah! Sejarah Gunung Kawi

1. Asal Mula Gunung Kawi

Masyarakat setempat percaya bahwa Gunung Kawi bermula dari sosok penasihat Pangeran Diponegoro yang bernama Kanjeng Zakaria II alias Eyang Soedjogo yang melipir ke daerah selatan Jawa Timur lantas membuat padepokan.

Setelah menetap sekian lama, beliau mengangkat dua orang murid yang bernama RM Jonet dan Ki Moeridun untuk membuka wilayah hutan sebelah selatan Gunung Kawi.

Mereka berdua berbondong-bondong bersama dengan Mbah Wonosari membawa dua pusaka bernama ‘Kudi Caluk’ dan ‘Kudi Pecok’ yang akhirnya menjadi daerah Gunung Kawi seperti yang kita lihat sekarang.

Kategori :