Udah Tau Belum? Inilah 6 Manfaat Buah Lontar yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Minggu 29-10-2023,16:53 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

PAGARALAMPOS.COM - Buah lontar atau dalam bahasa Inggris disebut palmyra fruits banyak terdapat di kawasan Asia Selatan dan Tenggara, termasuk Indonesia.

Selain memiliki rasa yang enak, buah lontar juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin B, vitamin C, zat besi, seng, kalium, kalsium, fosfor, tiamin, dan riboflavin.

Tekstur buah lontar sangat mirip dengan kolang kaling, yaitu putih transparan.

Berikut beberapa manfaatnya:

BACA JUGA:Penguasa Jalanan! Inilah 3 Merk Ban Motor Terkenal Paling Awet dan Tahan Lama

1. Mengatasi masalah kulit

Buah lontar adalah obat yang dapat mengatasi masalah kulit yang muncul selama musim panas, seperti ruam panas dan biang keringat. Caranya dengan menempelkan daging buah pada area yang terkena.

Selain itu, buah ini juga membantu meringankan rasa gatal karena paparan sinar matahari panas. Kandungan anti-inflamasi di dalamnya efektif mengobati kemerahan pada kulit karena panas. 

Pasta yang terbuat dari buah lontar juga mampu mengobati dermatitis. Ini adalah peradangan kulit yang ditandai dengan kemerahan, bengkak, gatal, dan terasa panas atau teriritasi.

BACA JUGA:Terekam Radar AWACS, Rusia Tembak Jatuh sasaran

Ketahui di sini jenis-jenisnya: Kenali 4 Jenis Dermatitis dan Cara Mengatasinya.

2. Membantu mengatasi masalah pencernaan

Buah lontar adalah obat alami untuk beberapa penyakit perut dan masalah pencernaan. Buah ini membantu menghilangkan sembelit dan dapat mendukung pergerakan usus yang normal.

Selain itu, buah lontar juga dapat membantu dalam mencegah keasaman dan sakit mag. Pada wanita hamil, buah ini dapat membantu meringankan sakit perut ringan dan mual.

BACA JUGA:Polri Cegah Korupsi dalam Program Pupuk Subsidi dan Tata Kelola BUMD

Kategori :