Mengungkap Fakta Gunung Bawakaraeng, Keindahan Alam, Jalur Pendakian, dan Mitos yang Menyelimuti Dataran Tingg

Selasa 19-09-2023,00:32 WIB
Reporter : Jukik
Editor : Jukik

BACA JUGA:Mengungkap Tradisi Unik di Suku Dani Papua, Mayat Panglima Perang Tidak Dikubur Melainkan di Jadikan Mumi

Pos 4 dan 5 adalah bagian dari jalur pendakian yang terasa berat karena mulai mendaki dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Di Pos 5, pendaki biasanya beristirahat karena terdapat sumber air yang cukup dekat.

Dari Pos 5, perjalanan dilanjutkan ke Pos 6 yang berada pada ketinggian 2.370 mdpl. Bentuk permukaan jalur ini terbilang unik karena terdiri atas hamparan batu dan pohon-pohon besar. 

Di Pos 7, pendaki dapat melihat Lembah Ramma, dan awan mulai terlihat dekat.

Perjalanan dari Pos 7 ke Pos 8 akan menurun drastis, sehingga memerlukan kehati-hatian ekstra. Beberapa trek akan membawa pendaki berjalan di tepi jurang. 

BACA JUGA:Sisi Lain Bali, Ternyata Ada Desa Tujuan Wisata yang terkenal Karena Kebersihan Lingkungannya

Di Pos 8, pendaki seringkali beristirahat dan mendirikan tenda, terutama karena terdapat sumber air.

Perjalanan dari Pos 8 ke Pos 9 akan menempuh trek menanjak, bahkan sampai ke puncak. Pos 9 merupakan jalur perpotongan, sehingga pendaki bisa saja bert

emu dengan pendaki lain yang melewati jalur Sinjai. Selama perjalanan dari Pos 9 ke Pos 10, pendaki akan melewati tebing yang curam. 

Di Pos 10, pendaki akan menemukan tanah yang datar, yang sangat cocok untuk mendirikan tenda.

BACA JUGA:Wajib Tahu Sebelum Berkunjung, Menguak Misteri Tempat-tempat Angker di Jogja yang Bikin Deg-degan!

Mitos yang Menyelimuti Gunung Bawakaraeng

Selain keindahan alamnya, Gunung Bawakaraeng juga dikenal karena beberapa mitos yang menyelimutinya. Mitos-mitos ini telah menjadi bagian dari cerita dan budaya sekitar gunung ini, menambah kesan misteriusnya:

1. Hantu Nino di Pos 3

Salah satu mitos paling populer di kalangan pendaki Gunung Bawakaraeng adalah tentang "Hantu Nino." Kisah ini dimulai pada tahun 1980-an, di awal masa pendakian Gunung Bawakaraeng. Nino adalah seorang pendaki wanita yang mengalami nasib tragis saat mendaki gunung ini. 

Cerita tentang Nino berawal dari penemuan mayatnya yang tergantung di sebuah pohon besar di Pos 3, salah satu jalur pendakian.

Kategori :