Belanda Kembalikan Harta Karun Bersejarah Indonesia, Ternyata Benda Ini Bernilai TRILIUNAN!

Minggu 27-08-2023,15:43 WIB
Reporter : Erick
Editor : Erick

PAGARALAMPOS.COM - Tak bisa dipungkiri bahwa pada zaman penjajahan di masa lalu, ada begitu banyak kejadian yang tak terduga. 

Seperti halnya penemuan hingga harta karun yang bernilai jual tinggi di tanah air di ambil oleh pihak penjajahan belanda.

Namun, Pada Bulan Agustus ini Belanda mengembalikan sebanyak 335 artefak milik Lombok yang dijarah saat terjadi perang Tjakranegara semasa kolonial. 

Benda-benda tersebut berupa emas, permata dan logam mulia lainnya yang dijarah Belanda usai mengalahkan Kerajaan Mataram di Lombok.

BACA JUGA:Piramida Tertua Ada Di Antartika? Inilah Fakta Dari Penemuan Menghebohkan Dunia Tersebut

Akan tetapi, benda berharga tersebut akan disimpan di museum nasional Indonesia, tidak dikembalikan ke Lombok.

Harta karun ini nanti akan jadi barang milik negara dan disimpan di museum nasional, kata Ahmad Nuralam Kepala Museum Negeri NTB.

Walau tidak disimpan di Museum NTB, Ia berharap benda-benda tersebut dipamerkan di Lombok agar masyarakat mengenal dan melihat secara langsung benda-benda yang menjadi saksi sejarah di Lombok.

Jika memang tidak bisa disimpan di Museum NTB, paling tidak digelar pameran, supaya masyarakat juga bisa mengetahui sejarah dari benda-benda itu, ujar ahmad.

Hal yang mengejutkan bahwa benda-benda tersebut diperkirakan bernilai triliunan lebih jika dihitung dengan kisaran rupiah. 

BACA JUGA:Situs Indonesia Masuk TOP 7 Penemuan Bersejarah Paling Kuno Di Dunia

Dari Nilai yang fantastis ini, tentunya karena nilai benda dan jumlah benda tersebut. 

Bisa saja nilainya mencapai triliunan, kata Ahmad Nuralam.

Benda-benda tersebut telah lama tersimpan pada museum di Amsterdam Belanda. Tidak hanya warisan Lombok, benda berharga seperti keris Bali akan dikembalikan. 

Pemerintah Belanda meminta maaf kepada Indonesia atas penjajahan yang dilakukan pada era kolonialisme. 

Kategori :