Mengenal 6 Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan Tubuh

Senin 21-08-2023,16:59 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

PAGARALAMPOS.COM - Kesemek berasal dari Jepang dan Cina. Ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang memperkuat kekebalan tubuh dan merupakan agen anti kanker.

Secara tampilan, kesemek menyerupai tomat. Bedanya, buah ini berwarna jingga kekuning-kuningan dan cenderung lebih manis dibandingkan tomat.

Selain itu, kesemek juga tidak berbiji. Meskipun demikian, kesemek mengandung banyak vitamin dan mineral penting. Beberapa di antaranya adalah vitamin C, A dan K. Sedangkan untuk mineral, terdapat senyawa antioksidan berupa flavonoid.

Selain beberapa kandungan di atas, kesemek juga mengandung banyak vitamin, khususnya vitamin A yang jumlahnya mencapai 32% dari Rasio Kecukupan Gizi (AKG) harian.

BACA JUGA:Warisan Tersembunyi, 5 Suku Bangsa Pertama yang Menyulam Cerita Indonesia

Kesemek memiliki nama latin Diospyros kaki dan dikenal dalam bahasa Jepang sebagai buah kaki, yang mendapatkan namanya dari tanin yang dihasilkan oleh buah tersebut. Buah ini memiliki rasa yang manis seperti madu. 

Kandungan zat tanin di dalamnya, mungkin akan menimbulkan sensasi sepat.

Berikut inilah 6 manfaat buah kesemek bagi kesehatan:

1. Dapat meningkatkan imunitas

Jurnal Influence of vitamin C on lymphocytes: An overview dalam Antioxidants menyebutkan, kandungan asam askorbat atau vitamin C berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh dengan memproduksi sel darah putih.

BACA JUGA:Bikin Keringat Dingin! Tradisi Suku Ini Sangat Aneh Di Luar Nalar

Hal Ini merupakan garis pertahanan utama tubuh untuk menghalau patogen dan racun penyebab penyakit.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat dalam kesemek berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, serat ini mampu menjerat lemak pemicu kolesterol. Jika tidak dihilangkan, kolesterol bisa menghambat aliran darah dan memicu penyakit jantung. 

Bukan itu saja, kalium pada buah ini bisa membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan vitamin C dan folatnya bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah stroke dan serangan jantung.

Kategori :