Benarkah Gunung Slamet Dapat Memberikan Keselamatan Pada Masyarakat Sekitar! Begini Penjelasan Lengkapnya

Kamis 17-08-2023,15:44 WIB
Reporter : Edi
Editor : Edi

PAGARALAMPOS.COM - Benarkah gunung slamet yang ada di jawa tengah, indonesia in dapat memberikan keselematan pada masyarakat sekitar?

Terkait hal ini belum bisa dibuktikan fakta sebenarnya, namun, dari dulu hingga sekarang, masyarakat masih mempercayaai mitos yang ada tersebut.

Sebelum beredarnya mitos tersebut, memang terdapat legenda yang sangat menakjubkan di gunung slamet ini, dan nama gunung inipun awalnya bukan gunung slamet seperti yang kita kenal sekarang ini.

Mau tau legenda lengkapnya serta mitos yang ada di gunung slamet ini? langsung saja simak penjelasan lengkapnya dalam artikel dibawah ini.

BACA JUGA:Belum Jelas! Peninggalan Siapa 3 Ton Logam Mulia di Gunung Padang Masih MIsteri! Simak Cerita Lengkapnya

Gunung Slamet, yang terletak di Jawa Tengah, merupakan puncak tertinggi di wilayah tersebut dan menjadi gunung kedua tertinggi di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. 

Selain menjadi salah satu gunung solo terbesar di Indonesia, dengan luas vegetasi sekitar 312 km² dan total area mencapai 560 km², Gunung Slamet juga memiliki nilai sejarah yang berharga dan terkenal dengan berbagai cerita menarik.

Dalam riwayatnya, Gunung Slamet sebelumnya dikenal sebagai Gunung Gora, namun berganti nama setelah pangeran bernama Syeh Maulana menemukan perlindungan di gunung tersebut.

Menurut cerita rakyat, setelah melaksanakan Shalat Subuh, Syeh Maulana menjadi saksi dari cahaya yang sangat terang memenuhi langit.

BACA JUGA:Selain Kampung Janda, Ternyata juga Ada Kampung Nikah Siri di Bogor

Kejadian tersebut menginspirasinya untuk mengubah nama gunung ini menjadi Gunung Slamet, yang dalam bahasa Jawa berarti "selamat".

Legenda yang turun temurun mengatakan bahwa Gunung Slamet adalah gunung yang memberikan keselamatan bagi warga sekitarnya. 

Dipercaya bahwa jika gunung ini meletus, itu menjadi pertanda akan terjadi bencana besar yang akan memecah Pulau Jawa menjadi dua bagian yang sama besar.

 

Meskipun legenda ini masih diyakini oleh sebagian masyarakat, Gunung Slamet telah menjadi tujuan pendakian yang populer, meskipun medannya sulit dengan suhu yang dingin dan basah.

Kategori :