Sang Manisiri Lutung Kasarung, Kalahkan Serangan Kerajaan Majapahit

Selasa 13-06-2023,08:09 WIB
Reporter : Rerry
Editor : Rerry

PAGARALAMPOS.COM - Sang Manisiri alias  Lutung Kasarung, konon cerita salah satu raja yang bisa menahan Serangan Kerajaan Majapahit

Benar atau tidaknya cerita ini, bisa dilihat dari cerita-cerita sejarah yang ada di Indonesia.

Namun yang pasti Sang Manisiri Alias Lutung kasarung adalah salah satu Raja padjadjaran yang memerintah pada tahun 705-72 Saka.

BACA JUGA:Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Candi Ini Peninggalan Majapahit!

Kehebatan Padjajaran dalam mengahalu serangan Majapahit yang terus berusaha menaklukan wilayahnya tak lepas dari peran seorang Raja diluar Panglima Perang yang mumpuni.

Siapa Raja Padjajaran yang terkenal yang berhasil mempertahankan wilayahnya dari serangan Majapahit, ternyata cukup banyak nama terkena diantaranya Prabu Siliwangil.

Berikut Nama-nama raja Padjadjaran disadur dari halaman Wikipedia yakni, Sang Manarah alias Ciung Wanara memerintah pada tahun 661-705 Saka atau 740-784 M.

BACA JUGA:Benarkah Sang Manisiri alias Lutung Kasarung, Raja Padjadjajarn Yang Melawan Serangan Majapahit?

Kemudian Sang Manisri alias Lutung Kasarung memerintah pada tahun 705-721 Saka atau 783/4-799/800 Masehi.

Sang Tariwulan memerintah sejak tahun 721-728 Saka atau 799/800-806/7 Masehai, dan Sang Welengsa memerintah tahun 728-735) Saka (806/7-813/4) M sebagai raja Galuh.

Salah Satu rajanya yang terkenal adalah Sang Manisri alias Lutung Kasarung yang berdasarkan cerita-cerita rakyat Sunda mengisahkan para menak Kerajaan Galuh dan Kerajaan Sunda yang sangat hebat.

Dalam perjalanannya di Bumi, sang lutung bertemu dengan putri Purbasari Ayuwangi yang diusir oleh saudaranya yang pendengki, Purbararang.

BACA JUGA:Terkenal Sakti! Inilah Keris Kyai Sengkelat Milik Sunan Kalijaga Pada Masa Kerajaan Majapahit

Lutung Kasarung adalah seekor mahkluk yang buruk rupa, dan pada akhirnya ia berubah menjadi pangeran dan mengawini Purbasari, dan mereka memerintah Kerajaan bersama-sama.

Apakah Legenda Lutung Kasarung ini yang membuat Majapahit sulit menaklukan Padjadjaran, tunggu kelanjutan ceritanya.

Kategori :