Bahaya Terlalu Lama Berjemur: 5 Dampak Buruk Sinar Matahari pada Kulit

Kamis 20-06-2024,11:58 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan masalah pada kesehatan. Berikut ini adalah dampak negatif yang dapat ditimbulkan:

1. Kulit terbakar

Kulit bisa terbakar atau mengalami sunburn apabila terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari, biasanya ketika berjemur lebih dari 15–30 menit. Untuk mencegahnya, gunakan tabir surya dengan SPF 35 atau lebih dan pakaian yang menutupi tubuh.

2. Penuaan dini kulit

Terlalu sering berjemur dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit, membuatnya tampak kering, kusam, serta muncul keriput dan bintik atau noda kehitaman.

BACA JUGA:Pesta Kreativitas Puding, Inovasi untuk Kesehatan di Kota Pagar Alam

BACA JUGA:Bersinar dengan Kesehatan Gigi: 5 Buah yang Baik untuk Gigi dan Mulut Anda

3. Cedera mata

Paparan sinar UV dapat merusak kornea mata, menyebabkan penglihatan buram. Paparan berlebihan juga bisa menyebabkan gangguan mata lainnya, seperti katarak, degenerasi makula, dan kanker mata melanoma.

4. Kanker kulit

Sinar matahari berlebihan bisa menyebabkan kanker kulit karena sel-sel kulit cepat rusak dan berpotensi berubah menjadi sel kanker. Risiko ini lebih tinggi pada mereka yang sering berjemur tanpa tabir surya.

BACA JUGA:Rahasia Labu Kuning: Manfaat Tersembunyi untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

BACA JUGA:Rahasia Kesehatan Tersembunyi di Balik Udang: 5 Manfaat yang Tak Terduga

Sinar matahari memiliki manfaat penting bagi kesehatan tubuh dalam jumlah yang tepat. Namun, jika berlebihan, dapat memberikan efek yang berbahaya.

Jika kamu mengalami masalah kulit akibat paparan sinar matahari, segera konsultasikan ke dokter.

Kategori :