May Day, Kerahkan 4.216 Personel Amankan DKI Jakarta

Senin 01-05-2023,12:43 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Gusti

 

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Mengantisipasi hal terburuk atau menjurus anarkis, Polri siap mengawal peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day pada Senin, 1 Mei 2023. 

Peringatan May Day tersebut, Jakarta sebagai daerah ibu kota jadi pusat sasaran digeruduk massa.

Untuk itu, ribuan personel gabungan TNI-Polri dikerahkan untuk mengamankan jalannya peringatan hari buruh dunia ini.

Terkait Unras buruh, kekuatan personel gabungan disiapkan. Seperti yang diutarakan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho.

BACA JUGA:Peringatan May Day, Pagar Alam Terpantau Nihil Aksi Unjuk Rasa

"Ada empat wilayah yang menjadi konsentrasi pengamanan dalam peringatan May Day, yaitu di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, dan Polda Jawa Timur," katanya.

Mengenai proporsi kekuatan personel pengamanan untuk mengendalikan pergerakan massa, sebanyak 4.216 personel gabungan.

"Rinciannya 3.318 dari Polri, 690 personel dari TNI dan 208 personel dari Pemprov DKI Jakarta," beber dia jumlah ini untuk di Metro Jaya.

Dia menyebut, adapun 4 titik yang menjadi konsentrasi massa buruh yakni di Istana Negara, Gedung MPR/DPR RI, Lapangan Panahan Senayan dan GOR Rawa Badak Jakarta Utara," kata Sandi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (30/4/2023).

BACA JUGA:Cegah Tindakan Anarkis Saat Perayaan May Day, Polres Pagar Alam Lakukan Hal Ini

Sementara untuk wilayah Polda Jawa Barat, sebanyak 1.019 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan aksi buruh di beberapa wilayah.

Sedangkan, Wilayah Polda Jawa Tengah juga menurunkan sebanyak 4.319 personel gabungan dan Polda Jawa Timur ada 3.360 personel gabungan untuk pengamanan peringatan hari buruh ini.

Dalam kesempatan ini, Sandi mengimbau agar para buruh yang akan melaksanakan peringatan May Day dan aksi unjuk rasa dapat melakukannya dengan tertib dan aman.

BACA JUGA:Ini Sasaran lokasi Demo Mayday, Ada Capres Akan Orasi

Kategori :