Mau Beli Rumah Tapi Gaji Cuma 2 Juta Per Bulan, Begini Cara Nabungnya

Rabu 26-04-2023,11:39 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

4. Membuat Target

Di usia berapakah kamu ingin memiliki rumah sendiri? Apakah kamu sudah menetapkan kapan waktu yang tepat untuk memiliki rumah sendiri? Tentunya untuk dapat memiliki rumah sendiri kamu harus memiliki target yang jelas.

BACA JUGA:Mau Tau! Ini Dia Sparepat Motor Matic yang Harus Rutin Diganti

Memiliki target membuat kamu memiliki acuan yang jelas untuk dapat memiliki rumah sesuai tempo waktu yang sudah ditentukan.

5. Mengatur Pola Hidup Agar Tidak Boros

Pola hidup yang boros bisa menjadi hambatan untuk kamu bisa menabung lho! Disaat kamu sudah memiliki tekad untuk membeli rumah sendiri, kamu harus mulai memperhatikan gaya hidupmu.

Jika pada awalnya kamu terbiasa membeli barang-barang yang diluar kebutuhanmu, kini waktu yang tepat untuk lebih tegas kepada dirimu sendiri.

Dengan mengurangi kebiasaan selalu jajan makanan di luar ataupun tidak belanja online secara implusif bisa memberikan perubahan yang cukup signifikan.

BACA JUGA:Respon Cepat Pengaduan Nelayan, KKP Sidak Tambak Udang Karimunjawa

6. Tidak Menggunakan Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit akan menambah bebanmu. Disaat kamu memiliki kartu kredit sama saja dengan memiliki hutang yang harus dibayar. Apalagi saat kredit mu “macet”. Pastinya akan menambah beban keuangan. Jika kamu terlilit hutang kredit akan lebih sulit untuk dapat mengikuti program KPR.

Saat mengajukan KPR, bank akan me-review kondisi keuanganmu terlebih dahulu. Bank akan menolak pengajuan KPR jika kamu terlilit hutang kredit.

7. Sisihkan Gaji Setiap Bulannya Untuk Ditabung

Saat kamu sudah memiliki target untuk membeli rumah, kini saatnya mulai bergerak! Usahakanlah untuk menyisihkan 20% hingga 30% dari gaji mu untuk ditabung. Buatlah rekening tersendiri untuk tabungan rumah impianmu. Langkah ini dilakukan agar uang tabungan untuk membeli rumah tidak tercampur dengan tabungan lainnya.

Kategori :