Pelesiran Sembari Berwisata Ekstrem

Jumat 31-03-2023,14:18 WIB
Reporter : BV
Editor : BV

BACA JUGA:5 Pilihan Tempat Wisata Kuliner di Muara Enim

Ketua RW Kampung IV menyatakan dukungannya atas adanya Pos Pendataan tersebut. 

Sebab salahsatu fungsinya adalah memantau hal-hal negatif yang dapat merusak alam atau aktivisnya sendiri. 

Misalnya kebiasaan mengambil pohon panjang umur atau nekat mendaki tanpa peralatan yang memadai. 

Bahkan kini beberapa rumah yang ada di Kampung IV yang telah ‘dialihfungsikan’ dan disewakan menjadi homestay, atau rumah inap pagi wisatawan. 

BACA JUGA:8 Tempat Wisata di Kerinci Jambi Terbaru dan Instagramable

“Warga Kampung IV selalu siap dan sedia membantu. Makanya ketika pemuda-pemuda Karang Taruna berinisiatif membuat taman bacaan untuk anak-anak yang ada di Kampung IV dan memanfaatkan Balai sebagai pos pendataan, kita langsung setuju.  

Apalagi lokasi Kampung IV sebagai kampung paling dekat dengan titik awal pendakian gunung Dempo, tentu saja bersentuhan langsung dengan kegiatan pendakian,” ujarnya.

BACA JUGA:11 Tempat Wisata Baru di Muaro Jambi, Cocok Buat Liburan Akhir Pekan

Sekira 2-3 km ke arah Selatan, terdapatlah areal perkemahan atau lebih sering disebut Camping Ground. 

Di lokasi kemping ini, jika beruntung dan cuaca bersahabat, saat fajar menjelang pagi mata kita akan dimanjakan oleh datangnya sunrise di ufuk timur, sembari menatap lanskap kota jauh di bawah. 

Sementara di punggung bukit di kaki gunung, di tengah hamparan kebun teh, berdiri kompleks vila peristirahatan milik pemerintah daerah setempat, yang disewakan untuk umum. 

BACA JUGA:7 Pesona Indah Tempat Wisata Di Cirebon yang Unik dan Penuh Sejarah

Trek Pendakian: Untuk durasi standar pendakian trek atau jalur via Kampung IV hingga peak of Dempo dalam kondisi cuaca bersahabat atau bagus, apalagi jika pada musim kemarau yang cerah, sebenarnya buat yang telah terbiasa mendakinya dapat ditempuh dalam 6 - 7 jam saja.

Rute awal pendakian akan lewat Pintu Rimba, tanjakan awal yang dilalui di sisi rimbun hutan basah.

Tanjakan trek pendakian gunung Dempo. Dari titik awal pendakian di 1500 mdpl –meter di atas permukaan laut– trek basah dan licin menuju pintu rimba di 1600 mdpl. Jika dalam musim hujan, jalur setapak itu becek.

Kategori :