Pemkot PGA

UMKM Kopi Binaan BRI Tembus Pasar Internasional

UMKM Kopi Binaan BRI Tembus Pasar Internasional

UMKM Kopi Binaan BRI Tembus Pasar Internasional-Ist/BRI Tbk-BRI

PAGARALAMPOS.COM - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI tetap menunjukkan dedikasinya dalam mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar bisa memasuki pasar internasional.

Dedikasi ini ditunjukkan dengan dukungan BRI terhadap partisipasi dua UMKM kopi yang dibina dalam acara prestisius Specialty Coffee Expo 2025, yang akan berlangsung pada 25–27 April 2025 di Houston, Texas, Amerika Serikat.

Dalam partisipasi ini, BRI bekerja sama dengan Kantor Perwakilan BRI New York dan KBRI Washington DC melalui Atase Perdagangan guna memfasilitasi dua UMKM kopi terpilih, yaitu Ci Kopi Mang Eko dari Jawa Barat dan Caldera Coffee dari Sumatera Utara.

BACA JUGA:BRI Buktikan Sepak Bola sebagai Sarana Pemberdayaan Olahraga dan UMKM Lewat Suksesnya BRI Liga 1

Kedua UMKM tersebut diberikan dukungan untuk booth masing-masing dalam Paviliun Indonesia, sehingga mereka dapat memamerkan produk kopi unggulan kepada audiens internasional sekaligus menciptakan peluang kerjasama dan perluasan pasar ke Amerika Serikat dan negara lainnya.

Specialty Coffee Expo adalah acara tahunan terbesar untuk industri kopi spesialti global yang diorganisir oleh Specialty Coffee Association (SCA), menjadi tempat pertemuan utama bagi ribuan pelaku industri dari seluruh dunia—mulai dari pemanggang kopi, importir, pengecer, profesional F&B, hingga pecinta kopi.

Tahun ini, lebih dari 600 peserta pameran dari berbagai negara hadir, disertai dengan sejumlah sesi edukatif seperti 60 kuliah tematik dan 20 lokakarya mendalam yang membahas perkembangan teknologi, inovasi produk, keberlanjutan, dan tren terbaru dalam industri kopi.

BACA JUGA:Indeks Bisnis UMKM BRI: Performa Terus Berkembang dan Tetap Optimis

Agenda ini juga menyajikan berbagai program menarik seperti Roaster Village, Cupping Exchange, Coffee Design Awards, serta Best New Product Awards yang menjadi perhatian utama bagi para pelaku industri global.

Selama pameran, kedua UMKM binaan BRI tidak hanya memamerkan produk unggul, tetapi juga aktif terlibat dalam sesi cupping, lokakarya industri, dan membangun koneksi dengan pelaku usaha dari berbagai negara.

Partisipasi ini merupakan langkah nyata untuk membuka akses ke pasar internasional dan meningkatkan daya saing produk kopi Indonesia yang terkenal dengan kualitas serta cita rasa khasnya.

BACA JUGA:BRI Diakui Lewat Program BRInita, Bangun Urban Farming dan Berdayakan Perempuan

Keikutsertaan aktif selama tiga hari pameran berhasil memberikan hasil positif, di mana kedua UMKM binaan BRI mencatatkan potensi kesepakatan bisnis dengan total nilai mencapai USD 945. 000.

Capaian ini menjadi indikasi yang kuat bahwa produk kopi Indonesia memiliki daya saing yang tinggi dan diminati di pasar global, khususnya di Amerika Serikat yang merupakan salah satu pasar kopi terbesar di dunia.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: