Kadinkes Sumsel Tekankan Bahwa Obat, Vaksin dan BMHP Komponen Penting Dalam Pelayanan Kesehatan

Kadinkes Sumsel Tekankan Bahwa Obat, Vaksin dan BMHP Komponen Penting Dalam Pelayanan Kesehatan

Kadinkes Sumsel Tekankan Bahwa Obat, Vaksin dan BMHP Komponen Penting Dalam Pelayanan Kesehatan-Foto: Ist-

PALEMBANG, PAGARALAMPOS.COM - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP (Dokter Tris) menenkankan bahwa Obat, Vaksin dan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) merupakan komponen penting yang tak tergantikan dalam pelayanan kesehatan dan perlu upaya pembinaan dan koordinasi. Hal ini disampaikan kepada peserta kegiatan yang juga hadir Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, dr. Icon Harizon, MKM,  Kasi Kefarmasian, Indra Gunawan, SKM, MSi.

Hal ini disampaikan pada Pertemuan Bimbingan Teknis Farmasi Provinsi Kabupaten dan Kota dalam melakukan manajemen Pengelolaan Obat dan Vaksin Sesuai Standar (Pengelolaan Vaksin) digelar pada Rabu, 15 Maret 2023 di Hotel Beston Palembang. 

“Dalam rangka menyamakan persepsi dan tujuan yang ingin dicapai serta menciptakan keterpaduan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam upaya peningkatan ketersediaan obat,vaksin dan perbekalan kesehatan, perlu dilakukan upaya pembinaan dan koordinasi pelaksanaan kegiatan pusat di daerah dengan pemerintah daerah” Kata Dokter Tris.

“Hasil pembinaan tersebut dapat dievaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan program obat,vaksin dan perbekalan kesehatan, mengidentifikasi permasalahan yang timbul, serta memberikan rekomendasi pemecahan masalah atau tindak lanjut bagi pelaksanaan kegiatan selanjutnya” imbuhnya.

BACA JUGA:LPPK3 Indonesia Audiensi Ke Kapolres Pagar Alam

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP dengan kategori Akurasi Data Stok Opname Vaksin Rutin Imunisasi., Beston Palembang, Kamis, 16/3/2023.

“Kebijakan Terpadu adalah Pengaturan Pengadaan Obat (termasuk Perbekalan Kesehatan dan Vaksin)  dengan Sistem Satu Pintu (One Gate Policy) pada Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan sehingga alokasi anggaran dan proses semua pengadaan/distribusi ke Provinsi/Kabupaten/Kota” Jelas Dokter Tris.

Hadir dalam acara Direktur Pengelolaan dan Pelayanan Kefarmasian, Direktorat Jendral Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan RI,Kepala Balai Besar POM di Palembang, Kepala Divisi Manajemen Produk PT Biofarma VVCM SMILE Provinsi Sumatera Selatan.(*)

 

Berita ini telah tayang dilaman dinkes.sumselprov.go.id dengan judul: Obat, Vaksin dan BMHP Komponen Penting Pelayanan Kesehatan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: