Sejarah Singkat Piala Asia U-20

Sejarah Singkat Piala Asia U-20

Trofi Piala Asia U-20-tangkapan layar-sportstars.id

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Piala Asia U-20 AFC, sebelumnya dikenal sebagai Kejuaraan Remaja AFC dan Kejuaraan U-19 AFC, adalah kompetisi sepakbola internasional dua tahunan yang diselenggarakan oleh badan pengatur olahraga, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Kompetisi ini telah diadakan sejak 1959. Antara tahun 1959 hingga 1978, turnamen diadakan setiap tahun tanpa kualifikasi; sejak edisi 1980, diadakan setiap dua tahun sekali. Kejuaraan Remaja AFC 1980 menggunakan tahap kualifikasi untuk pertamakalinya. 

Turnamen telah dimainkan dalam sejumlah format berbeda selama sejak berlangsungnya. Saat ini turnamen terdiri dari dua tahap, mirip dengan kompetisi Kejuaraan AFC lainnya. Babak kualifikasi terbuka untuk semua anggota AFC, dan babak final diperebutkan oleh 16 tim. Edisi yang paling terbaru, yang ke-40, diadakan di Indonesia. AFC telah mengusulkan untuk mengalihkan turnamen dari U-19 ke U-20 mulai edisi 2023. Selain itu, turnamen tersebut juga akan berganti nama dari ‘Kejuaraan U-19 AFC’ menjadi ‘Piala Asia U-20 AFC’.  

Nah, Sejarah Piala Asia U-20 AFC menarik untuk diulas. Pasalnya, perhelatan ini akan digelar tahun ini, tepatnya pada 1-18 Maret 2023 di Uzbekistan. Tim asuhan Shin Tae-yong tergabung di Grup A bersama Uzbekistan, Irak, serta Suriah. Sebelum menghadapi Piala Asia U-20, Shin Tae-yong mempersiapkan timnya melakukan pemusatan latihan. Hugo Samir dkk sempat melakukan turnamen internasional dengan mengundang Fiji, Guatemala, serta Selandia Baru.

Dari turnamen tersebut, Garuda Nusantara hanya meraih kemenangan saat melawan Fiji dengan skor 4-0. Saat menghadapi Guatemala, Indonesia kalah tipis dengan skor 0-1. Sementara ketika bertanding dengan Selandia Baru, Indonesia kalah dengan skor 1-2. Hal tersebut tentu menjadi pelajaran berharga jelang Piala Asia U-20 2023. Di Piala Asia U-20 2023 Indonesia akan menghadapi Irak pertamakali pada 1 Maret 2023. Tiga hari kemudian Indonesia dijadwalkan berlaga melawan Suriah. Selanjutnya pada 7 Maret 2023, Indonesia akan melawan tuan rumah Uzbekistan. 

BACA JUGA:Menpora Amali Beri Semangat Kepada Atlet Sepeda Indonesia yang Bertanding di Tissot UCI Track Nation Cup 2023

Piala U-20 digelar pertamakali di Malaysia pada 1959. Sebelumnya ajang ini dikenal sebagai ‘Kejuaraan Remaja Asia’ atau ‘Piala Asia U-19’. Pada 1959-1978 ajang ini dilakukan setiap tahun tanpa ada kualifikasi. Mulai 1980 format pertandingan berubah. Pertandingan dilakukan dua tahun sekali, dan menggunakan tahap kualifikasi. Dalam ajang perdana tahun 1959, Korea Selatan berhasil menjadi juara. Pada ajang berikutnya, yaitu pada 1960, Korea Selatan berhasil mempertahankan gelar juaranya. Saat itu, Korea Selatan berhasil melibas tuan rumah Malaysia dengan skor 4-0.

Timnas Indonesia mulai berpartisipasi pada 1960. Indonesia hanya mampu menempati peringkat ke-4 setelah kalah dari Jepang dengan skor 2-3. Pada 1961, Timnas Indonesia berhasil mengukir sejarah membanggakan. Dalam laga final Indonesia bertemu dengan Myanmar, dan bermain imbang dengan skor 0-0. Ketika itu pertandingan belum mengenal sistem perpanjangan waktu. 

Berdasarkan hasil yang sama tersebut, Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej memutuskan untuk memberi gelar ‘juara bersama’ kepada kedua negara. Oleh karena itu Indonesia dan Myanmar pun sama-sama berhak menyandang gelar juara Piala Asia 1961. Pada 1967 dan 1970, Indonesia pernah menjadi runner up. Melihat data peraih gelar juara, selama ajang ini berlangsung dari 1959 hingga kini, Korea Selatan adalah negara yang paling banyak meraih gelar juara. Negara tersebut telah 12kali naik podium juara. 

Pada 2023, ajang olahraga ini resmi berganti nama menjadi Piala Asia U-20, sehingga peserta bukan lagi di bawah 19 tahun, melainkan di bawah 20 tahun. Saat kualifikasi Piala Asia U-20 2023 sejumlah tim berjuang di grup masing-masing guna memperebutkan tiket lolos. Terdapat 16 tim yang berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-20. Masing-masing juara dari sepuluh grup otomatis ke putaran final. Lima tiket lolos lainnya diperebutkan oleh tim runner up terbaik dari masing-masing grup. 

BACA JUGA:Pemda Siapkan 3 Titik Lokasi Penyelenggaraan Side Event F1 Powerboat Danau Toba

Berdasar hasil lengkap undian grup Piala Asia U-20 2023, Indonesia berada di grup A bersama Uzbekistan, Irak dan Suriah. Uzbekistan adalah tim yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Hal ini karena mereka pernah menjadi juara kedua pada Piala Asia 2008. Kemudian, Suriah dan Irak merupakan tim kuat di Asia Barat. Bagaimana peluang Timnas Indonesia? Akankah Timnas Indonesia mencetak sejarah kembali dengan membawa pulang gelar juara Piala Asia U-20? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: