Budidaya Tanaman Toga, Pola Hidup Keluarga Lebih Produktif

Budidaya Tanaman Toga, Pola Hidup Keluarga Lebih Produktif

Foto : Tanaman Toga di perkarangan rumah.--Pagaralampos.com

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.COM – Lurah Jokoh, Suidi, SE, terus mendorong masyarakat untuk mengubah pola hidup dari konsumtif menjadi lebih produktif melalui pemanfaatan lahan pekarangan.

Salah satu langkah nyata yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan pekarangan kantor kelurahan untuk menanam tanaman obat keluarga dan sayuran sebagai contoh bagi warga.

Lurah Suidi menyampaikan bahwa pembentukan Kelompok Wanita Tani (KWT) di wilayahnya merupakan bagian dari upaya ini.

“Kami ingin mengajak masyarakat untuk lebih produktif dengan memanfaatkan pekarangan rumah yang ada. Pekarangan kantor kelurahan sudah kita manfaatkan untuk menanam tanaman obat keluarga dan sayuran, harapannya bisa menjadi contoh nyata bagi warga,” ujar Suidi.

BACA JUGA:Camat Pagaralam Utara Ajak Warga Budidayakan Toga, untuk Kesehatan dan Kemandirian

Dia juga berterima kasih kepada masyarakat sekitar, terutama ibu-ibu PKK dan PKK Kota Pagaralam, yang selalu memberikan penyuluhan dan arahan dalam pemanfaatan lahan pekarangan.

Menurutnya, dukungan dari PKK sangat membantu dalam mengedukasi warga agar lebih memahami pentingnya ketahanan pangan keluarga.

“Semoga contoh ini bisa memberikan dampak positif dan menjadi motivasi bagi warga lain untuk ikut memanfaatkan pekarangan rumahnya.

Dengan demikian, selain membantu ketahanan pangan, warga juga dapat mendukung perekonomian keluarga secara berkelanjutan,” tambahnya.

BACA JUGA:Bangkitkan Kembali Budaya Budidaya Toga, Ini Yang Dilakukan Lurah Alun Dua!

Inisiatif ini diharapkan mampu mendorong warga untuk memanfaatkan pekarangan sebagai sumber pangan dan kesehatan keluarga.

Upaya ini tidak hanya bertujuan untuk ketahanan pangan, tetapi juga sebagai langkah untuk menciptakan ekonomi keluarga yang mandiri.

Melalui kegiatan ini, Lurah Jokoh dan jajaran terus berkomitmen menjadikan masyarakat lebih produktif dalam memanfaatkan potensi yang ada di sekitar mereka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: