Makanan Penghilang Stres, Bikin Tenang dan Naikin Mood

Makanan Penghilang Stres, Bikin Tenang dan Naikin Mood

Makanan Penghilang Stres, Bikin Tenang dan Naikin Mood-net-net

PAGARALAMPOS.COM- Stres adalah bagian dari kehidupan yang dapat muncul akibat berbagai faktor, termasuk pekerjaan, hubungan sosial, atau masalah kesehatan.

Meskipun tidak dapat sepenuhnya dihindari, kita dapat mengelola stres dengan cara yang lebih sehat, termasuk melalui pola makan.

Beberapa makanan memiliki sifat yang dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan suasana hati. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang efektif untuk mengurangi stres.

1. Buah-buahan Segar

Buah-buahan segar seperti pisang, jeruk, dan beri mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan mental. Misalnya, pisang kaya akan potasium dan vitamin B6 yang dapat membantu mengatur suasana hati.

Jeruk mengandung vitamin C, yang telah terbukti dapat menurunkan kadar hormon stres, seperti kortisol. Selain itu, buah beri kaya akan antioksidan yang dapat melindungi otak dari stres oksidatif.

BACA JUGA:Tanda-tanda Hiperglikemia pada Penderita Diabetes, Apa Saja?

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli mengandung banyak folat, yang berperan dalam produksi serotonin-neurotransmitter yang mengatur suasana hati.

Kekurangan folat telah dikaitkan dengan peningkatan gejala depresi dan kecemasan. Sayuran ini juga kaya akan serat dan antioksidan yang mendukung kesehatan secara keseluruhan, membantu tubuh mengatasi stres dengan lebih baik.

3. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan, seperti almond, walnut, dan biji chia, adalah sumber lemak sehat yang kaya akan omega-3. Omega-3 telah terbukti dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung magnesium, yang membantu meredakan ketegangan otot dan meningkatkan kualitas tidur—dua faktor yang sangat penting dalam mengelola stres.

BACA JUGA:Kol Sering Digunakan Sebagai Lalapan, Ternyata ini Manfaat Sayur Kol Bagi Kesehatan Tubuh!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: