Makanan Kaya Vitamin D Bantu jaga Sistem Imun Tubuh

Makanan Kaya Vitamin D Bantu jaga Sistem Imun Tubuh

Makanan Kaya Vitamin D Bantu jaga Sistem Imun Tubuh-net-net

PAGARALAMPOS.COM - Vitamin D adalah nutrisi penting yang berperan besar dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama dalam mendukung sistem kekebalan.

Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko infeksi dan berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa makanan kaya vitamin D yang dapat membantu menjaga sistem imun tubuh dan penjelasan tentang manfaatnya.

1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, makarel, dan tuna adalah sumber terbaik vitamin D. Salmon, misalnya, mengandung sekitar 570 IU (International Units) vitamin D per porsi 100 gram.

Omega-3 yang terdapat dalam ikan berlemak juga berperan penting dalam mengurangi peradangan dalam tubuh, sehingga membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Wajib Tahu!, 15 Manfaat Jus Tomat di Campur Jeruk, Salah Satu Bisa Menjaga kesehatan jantung!

2. Minyak Hati Ikan Cod

Minyak hati ikan cod adalah salah satu suplemen tertua yang dikenal kaya akan vitamin D. Satu sendok makan minyak hati ikan cod mengandung sekitar 1.360 IU vitamin D.

Selain itu, minyak ini juga mengandung omega-3 dan vitamin A, yang semuanya berkontribusi pada kesehatan sistem imun.

3. Jamur

Jamur adalah salah satu sumber nabati vitamin D, terutama jika mereka terpapar sinar ultraviolet. Varietas seperti jamur shiitake dan maitake mengandung vitamin D yang dapat membantu meningkatkan asupan harian.

Misalnya, jamur maitake dapat mengandung sekitar 1.000 IU vitamin D per 100 gram. Jamur juga kaya akan antioksidan, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

BACA JUGA:Perlu Diketahui Berbagai Manfaat Jojoba Oil Bagi Kesehatan Tubuh Serta Kecantikan!

4. Susu dan Produk Susu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: