Sambung Pucuk, Sambung Kehidupan

Sambung Pucuk, Sambung Kehidupan

Alpian Maskoni saat melakukan sambung pucuk kopi-Istimewa/Pagaralampos.com-

"Kopi Sumber Kehidupan Masyarakat Besemah Program Unggulan Alaf yang didukung Jalur Langit 2024 sempat tembus harga 70ribu/kg

 

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM - TANGAN Gunarso meraih satu ranting batang kopi di kebun miliknya kemarin. Kebun ini terletak di Dusun Muara Siban Kelurahan Muara Siban Kecamatan Dempo Utara.

“Lihat ini contohnya,”katanya sembari mengangkat sedikit ranting yang digelayuti buah kopi. “Ini hasil steak kopi bantuan dari Pak Wali Alpian dulu,”ucap petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Mangku Anom ini. “Saat ini sudah mulai membuahkan hasil,”ucapnya

Menurut Gunarso, sebelum kenal dengan steak, batang kopi miliknya berbuah biasa saja. Tak selebat seperti sekarang, ia berucap. Tapi dengan steak, kopi dapat berbuah berlipat-lipat.

Tentu saja ia melanjutkan, dengan dibarengi dengan perawatan yang intensif. Maka baginya stek kopi telah ikut membantu kehidupannya.

BACA JUGA:Semangat Generasi Muda, Pemuda Pagar Alam Dukung Pasangan ALAF!

“Steak kopi ini sangat membantu kami para petani,”katanya. Karena itu ia menyampaikan terimakasih kepada Walikota Pagaralam Periode 2018-2023 yang telah membuat program steak kopi ini.

Steak kopi memang begitu familiar di tengah petani di Pagaralam. Nama lainnya adalah sambung pucuk.

Sesuai namanya, teknik ini menyambung pucuk kopi dengan tunas unggul. Dalam kurun waktu kurang lebih tiga tahun, tunas unggul ini akan berkembang dan berbuah lebat. 

Teknik ini makin populer ketika Walikota Pagaralam H Alpian Maskoni SH MSi menjadikannya sebagai salahsatu program unggulan.

BACA JUGA:Resmi Dapatkan Nomor Urut 2, Ini yang disampaikan ALAF!

Program ini mulai direalisasikan pada 2019 lalu dan berlanjut hingga 2023. Penerimanya adalah petani yang tergabung dalam Poktan. Gunarso dengan Poktan Mangku Anomnya adalah salahsatu penerima. 

Bukan hanya Mangku Anom yang telah menerima manfaat program sambung pucuk ini. Poktan Nganggiran III di Dusun Karang Dalo Kelurahan Karang Dalo Kecamatan Dempo Tengah juga menerimanya. Poktan ini pun telah merasakan manfaat dari program ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: