8 Amalan Baik Saat Maulid Nabi Muhammad SAW

8 Amalan Baik Saat Maulid Nabi Muhammad SAW

Foto : Amalan ibadah saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW--Google.com

PAGARALAMPOS.COM - Maulid Nabi diperingati pada 12 Rabiul Awal setiap tahunnya dalam kalender hijriah. Pada penanggalan kalender Masehi tahun ini, Maulild Nabi bertepatan dengan hari Senin, 16 September 2024.

Rabiul Awal merupakan bulan yang istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia. Lantaran, pada bulan ini, umat muslim akan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau yang biasa dikenal dengan Maulid Nabi.

Ada sejumlah amalan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap umat Islam menjelang peringatan Maulid Nabi. amalan tersebut dapat memberikan banyak pahala dan keistimewaan apabila kita melaksanakannya

Melansir dari detikEdu, berikut beberapa amalan Maulid Nabi Muhammad SAW yang bisa menambah pahal bagi umat muslim. Apa saja? Simak!

BACA JUGA:Gelar Binrohtal Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Kompol M Ali Ajak Perkuat Islamiyah

1. Sholawat

Memperbanyak sholawat saat bulan Rabiul Awal sangat dianjurkan. Salah satu keutamaan membaca sholawat, yakni bisa menghapuskan dosa.

Umat muslim dianjurkan untuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Nabi sebagai bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, Rasulullah SAW juga mengatakan kepada orang-orang yang bersholawat atas dirinya, maka akan mendapatkan syafa’at-Nya di hari kiamat.

2. Puasa Sunnah

Menjalankan puasa Ayyamul Bidh merupakan salah satu ibadah puasa sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan umat muslim. Melansir dari detikEdu, puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunnah yang dikerjakan setiap tanggal 13, 14, dan 15 di bulan qomariyah pada kalender Hijriyah.

BACA JUGA:Jumat Berbagi Dimoment Maulid Nabi Muhammad, Polres Pagar Alam Berikan Perlengkapan Ibadah di Tiga Masjid

3. Mentauladani sunnah Nabi

Sebagai umat muslim, menjalani sunnah Rasul merupakan cara terbaik untuk meneladani Nabi Muhammad SAW dalam segala hal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: