4 Bansos BNPT Cair di September, Kamu Terima Yang Mana

4 Bansos BNPT Cair di September, Kamu Terima Yang Mana

Foto : Masyarakat penerima bansos-Ilustrasi-Detik.com

PAGARALAMPOS.COM - Sejumlah bantuan sosial (bansos) dijadwalkan akan cair pada bulan September ini. bantuan sosial (bansos) merupakan salah satu bentuk intervensi dari pemerintah atau lembaga sosial.

Tujuannya untuk membantu masyarakat yang kurang mampu atau yang terdampak oleh situasi tertentu, seperti bencana alam, krisis ekonomi, atau pandemi.

Tujuan utama dari bantuan sosial adalah untuk mengurangi kesenjangan sosial, memastikan kebutuhan dasar masyarakat terpenuhi, serta membantu mereka keluar dari kemiskinan.

Bansos yang siap dikucurkan, antara lain Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa dan bantuan beras 10 kilogram.

BACA JUGA:Polres kota Pagar Alam Berikan Bansos kepada Penyandang Disabilitas

1. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

BPNT diberikan kepada keluarga dengan kondisi sosial ekonomi 25% terendah di daerah pelaksana. Bentuknya berupa Kartu Keluarga Sejahtera atau KKS yang bisa dipakai untuk membeli bahan pangan secara online melalui E-Warong (Elektronik Warung Gotong Royong).

Pemberian bantuan ini bertujuan agar masyarakat dapat meningkatkan kualitas gizi melalui makanan.

BPNT bulan September 2024 akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia dan Himbara.

2. Program Keluarga Harapan (PKH)

Bansos PKH merupakan salah satu bantuan sosial rutin yang disalurkan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Sosial (Kemensos).

BACA JUGA:Satlantas Berikan Bansos kepada Penyandang Disabilitas, Sambut HUT Lalu Lintas ke 69

Bansos ini diberikan kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Penyaluran bansos PKH ini untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga miskin dan rentan guna mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: