Mengenal Lebih Dekat: 5 Perbedaan Unik Antara Papua Indonesia dan Papua Nugini

Mengenal Lebih Dekat: 5 Perbedaan Unik Antara Papua Indonesia dan Papua Nugini

Mengenal Lebih Dekat: 5 Perbedaan Unik Antara Papua Indonesia dan Papua Nugini-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Meskipun memiliki nama yang serupa dan terletak di pulau yang sama, Papua di Indonesia dan Papua Nugini ternyata memiliki banyak perbedaan.

Sejarah Nama dan Wilayah

Tanah Papua sering disebut sebagai Papua Barat karena "Papua" dapat merujuk pada seluruh Pulau Nugini, yang meliputi bagian timur, yaitu negara Papua Nugini.

Sementara itu, Papua Barat adalah istilah yang lebih sering digunakan oleh para nasionalis yang ingin memisahkan diri dari Indonesia. 

Provinsi ini pernah dikenal sebagai Irian Barat pada tahun 1969 hingga 1973, sebelum Soeharto menggantinya dengan nama Irian Jaya saat meresmikan tambang tembaga dan emas Freeport.

Nama "Irian Jaya" tetap digunakan hingga tahun 2002, ketika akhirnya diubah menjadi Papua sesuai dengan UU No 21/2001 tentang Otonomi Khusus Papua.

Pada masa kolonial Belanda, wilayah ini disebut sebagai Nugini Belanda.

Meskipun kedua wilayah tersebut memiliki kesamaan budaya, mulai dari sejarah hingga bahasa, terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara Papua dan Papua Nugini.

Perbedaan antara Papua Indonesia dan Papua Nugini

1. Sejarah Penjajahan yang Berbeda

   Papua dan Papua Nugini memiliki latar belakang kolonialisme yang berbeda. Papua dijajah oleh Belanda, sedangkan Papua Nugini dijajah oleh Jerman, Inggris, dan kemudian Australia. Hal ini mengakibatkan perbedaan dalam perkembangan politik dan budaya kedua wilayah tersebut.

2. Sistem Pemerintahan yang Berbeda  

   Papua, sebagai bagian dari Indonesia, mengikuti sistem pemerintahan republik presidensial.

Sebaliknya, Papua Nugini menganut sistem monarki konstitusional dengan pengakuan terhadap Raja Inggris sebagai kepala negara. Negara ini dipimpin oleh seorang gubernur jenderal, dengan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: