Apa yang Membuat Prabumulih Istimewa? Temukan 6 Fakta Menarik di Sini!

Apa yang Membuat Prabumulih Istimewa? Temukan 6 Fakta Menarik di Sini!

Fakta Menarik yang ada di Prabumulih Sumsel-Kolase by Pagaralampos.com-net

BACA JUGA:Menggali 5 Legenda dan Cerita Rakyat Terkenal dari Lahat, Sumatera Selatan

Luas lahan pertanaman nanas di kota ini mencapai 400 hektare yang tersebar di Kecamatan Prabumulih Timur, Cambai, dan Rambang Kapak Tengah. 

Nanas ini tidak hanya dipasarkan di wilayah lokal tetapi juga hingga ke Pulau Jawa, menjadikannya salah satu produk unggulan dari kota yang memiliki julukan "Bumi Seinggok Sepemunyian."

2. Kota Minyak

Selain nanas, Prabumulih juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil minyak bumi dan gas alam yang potensial. 

BACA JUGA:Menguak Sejarah Unik Sumatera Selatan, Berikut 7 Fakta Menarik yang Jarang Diketahui!

Menurut data dari Kotaprabumulih.go.id, wilayah ini memiliki cadangan minyak bumi sekitar 250 juta barel yang siap diolah. Salah satu lokasi pemboran minyak dan gas bumi berada di Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Prabumulih Selatan. 

Selain itu, terdapat juga Museum Migas yang terletak di kompleks Pertamina EP Asset 2 Prabumulih, yang menjadi saksi bisu betapa pentingnya sektor energi bagi kota ini.

3. Makanan Khas Prabumulih

Kota ini juga memiliki kekayaan kuliner yang patut dicoba. Salah satu makanan khas yang terkenal adalah tahok tutok, yang berbahan dasar daun singkong muda yang ditumbuk dan dicampur dengan berbagai bumbu rempah. 

BACA JUGA:Eksplorasi 6 Wisata Unik di Sumatera Selatan yang Jarang Diketahui Traveler!

Selain itu, olahan nanas juga menjadi bagian dari kekayaan kuliner Prabumulih, seperti sambal nanas, bolu gulung nanas, selai nanas, dan keripik nanas.

4. Tari Nutok Tahok

Tari Nutok Tahok merupakan salah satu tradisi budaya yang unik dari Prabumulih, yang terinspirasi dari proses memasak tahok tutok.

Tarian ini menggambarkan tiga gadis desa yang bersama-sama mempersiapkan alat penumbuk, memetik daun singkong, dan menumbuknya hingga menjadi tahok tutok. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: