Iptu Ramsi : Jaga Alam Kita, Bersama Cegah Karhutla

Iptu Ramsi : Jaga Alam Kita, Bersama Cegah Karhutla

Foto : BKTM Polsek Pagar Alan Utara bersama masyarakat.-Iptu Ramsi : Jaga Alam Kita, Bersama Cegah Karhutla-Pagaralampos.com

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.COM - Mengedukasi masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, Polsek Pagar Alam Utara melalui giat Binmas melakukan pemasangan spanduk imbauan Karhutla di wilkumnya.

Seperti yang dilakukan pada Rabu (31/7/2024), pemasangan spanduk bertuliskan imbauan Karhutla dipasang disejumlah titik lokasi.

Hal tersebut dibenarkan Kapolsek Pagar Alam Utara Iptu Ramsi SH. Bahwa pemasangan spanduk ini tak lain bertujuan untuk mengingatkan masyarakat sekaligus mengedukasi akan dampak buruk kebakaran hutan atau lahan.

"Yang jelas, prilaku pembakaran lahan hutan dengan cara dibakar menyalahi dan terancam sanksk pidana sebagaimana diatur dalam UU RI Tahun 1999 dalam pasal 78 ayat 3," ucap dia kepada pagaralampos.com.

BACA JUGA:Sambang ke Petani dan Touke Kopi, Ini Pesan Kapolsek Pagaralam Utara Iptu Ramsi!

Adapun pemasangan spanduk imbauan Karhutla ditiga lokasi kelurahan. Yakni, Dempo Makmur, Curup Jare dan Selibar. 

"Yang dilakukan anggota Bhabinkamtibmas bersama masyarakat," ujar Iptu Ramsi didampingi Kanit Binmas Bripka Edi

Adapun imbauan berpesan, larangan membuka lahan perkebunan atau pertanian dengan cara dibakar,  tidak membakar hutan. 

Tidak membuang puntung rokok disembarang tempat, serta tidak meninggalkan api di areal kebun.

Kepada masyarakat, juga diedukasi dampak buruk akibat kebakaran hutan. Sebab, tidak sanksi pidana dan denda, namun juga berdampak buruk terhadap ekosistem alam.

BACA JUGA:Waw, Polsek PAU Dukung Polri Lestarikan Negeri, Tanam 250 Bibit Pohon di Wilkumnya

"Dampak buruk Karhutla, juga merusak ekosistem alam dan lingkungan, juga terhadap kesehatan karena polusi asap," katanya. 

Karena itu, kepada masyarakat diharapkan meningkatkan kesadaran tidak melakukan pembakaran. Terlebih cuaca musim kemarau seperti ini sangat terjadi kerawanan kebakaran hutan dan lahan.

"Mari kita bersama sama menjaga eksositem alam kita, jangan sampai terjadi Karhutla di Kota Pagar Alam," ajak Iptu Ramsi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: