Mengungkap Warisan Kerajaan Sriwijaya: Penelusuran dan Peninggalan Sejarah yang Berharga

Mengungkap Warisan Kerajaan Sriwijaya: Penelusuran dan Peninggalan Sejarah yang Berharga

Jejak Sejarah Kerajaan Sriwijaya: Eksplorasi dan Peninggalan Berharga-Foto: net-

- Sri Marawijayatunggawarman

- Sri Sanggramawijayatunggawarman

Kejayaan dan Kejatuhan

Sriwijaya mencapai puncak kejayaannya di bawah pemerintahan Raja Balaputradewa pada abad ke-8 dan ke-9 M. Pada masa itu, Sriwijaya menguasai Selat Malaka dan wilayah lainnya seperti Jawa Barat, Kalimantan Barat, Bangka, Belitung, Malaysia, Singapura, dan Thailand Selatan. Kerajaan ini membangun armada laut yang kuat untuk melindungi jalur perdagangan.

Namun, pada abad ke-11 M, Kerajaan Cola dari India menaklukkan Sriwijaya. Pada abad ke-13 M, Kerajaan Singasari dari Jawa mengalahkan kerajaan Malayu yang berada di bawah kekuasaan Sriwijaya. Selanjutnya, Kerajaan Sukhodaya dari Thailand merebut Semenanjung Malaysia dan Selat Malaka, dan pada akhir abad ke-14 M, Majapahit menyerang dan menghancurkan Sriwijaya.

Peninggalan Sejarah

1. Prasasti Kedukan Bukit - Ditemukan di Sungai Batang, Kedukan Bukit, Palembang. Berisi tahun 686 M dan menceritakan perjalanan Dapunta Hyang menggunakan aksara Pallawa dan bahasa Sanskerta.

2. Prasasti Kota Kapur - Ditemukan di Pulau Bangka, berisi kutukan terhadap pelanggar perintah raja.

3. Prasasti Telaga Batu - Ditemukan di Kolam Telaga Biru, Palembang. Berisi kutukan terhadap orang-orang jahat di wilayah Sriwijaya.

4. Prasasti Karang Berahi - Ditemukan di Desa Karang Berahi, Jambi. Berisi kutukan untuk mereka yang tidak setia pada raja.

5. Prasasti Palas Pasemah - Ditemukan di Lampung Selatan, menggunakan aksara Pallawa dan bahasa Melayu Kuno. Mengandung kutukan terhadap pelanggar Sriwijaya.

6. Prasasti Talang Tuo - Berisi doa Buddha Mahayana dan kisah pembangunan taman oleh Sri Jayanasa.

7. Prasasti Hujung Langit - Ditemukan di Desa Haur Kuning, Lampung, bertanggal 997 M.

8. Prasasti Ligor - Ditemukan di Thailand Selatan oleh Nakhon Si Thammarat, berisi kisah pembangunan Tisamaya Caitya oleh raja Sriwijaya.

9. Prasasti Leiden - Lempengan tembaga dengan bahasa Sanskerta dan Tamil, mengenai hubungan dinasti Cola dengan dinasti Syailendra dari Sriwijaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: