Terobosan Kadis LH, Strategi Pengelolaan Sampah LIbatkan Masyarakat Menuju Pagar Alam Sehat

Terobosan Kadis LH, Strategi Pengelolaan Sampah LIbatkan Masyarakat Menuju Pagar Alam Sehat

Foto : Pembuatan pupul organik melibatkan masyarakat.-Terobosan Kadis LH, Strategi Pengelolaan Sampah LIbatkan Masyarakat Menuju Pagar Alam Sehat-pagaralampos.com

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.COM - Mengatasi penumpukan sampah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pagar Alam Dekky Aprizal SP MSi membuat terobosan pengelolaan sampah melibatkan masyarakat.

Terobosan digagas Kadis LH Kota Pagar Alam tersebut melalu Gerakan Bank Sampah untuk Pembangunan Berkelanjutan atau Gasnatan.

"Kita melakukan pembentukan kelompok kelompok Gasnatan, yang tersebar di 5 kecamatan dan bank sampah disetiap kelurahan," ucap Dekky Aprizal kepada pagaralampos.com, Jumat (19/7/2024).

Pembentukan kelompok Gasnatan ini, mereka melakukan pengelolaan sampah dengan tepat. 

BACA JUGA:Masyarakat Pagaralam Utara Diminta Bersatu Lawan Tumpukan Sampah, Upaya Cegah Banjir Dadakan

Dengan metode 3R. Yaitu Reduce, Reuce, Recycle. Atau mengurangi, memanfaatkan kembali dan didaur ulang.

Seperti yang dilakukan salahsatu kelompok Gasnatan di Kelurahan Bangun Rejo, Kecamatan Pagar Alam Selatan. 


Foto : Pembuatan pupul organik mibatkan masyarakat.-Terobosan Kadis LH, Strategi Pengelolaan Sampah LIbatkan Masyarakat Menuju Pagar Alam Sehat-pagaralampos.com

Yang mana, kunjungan dilakukan melihat langsung pengelolaan sampah dengan metode 3R.

Di lokasi tersebut, masyarakat telah membuat pupuk organik dari pemiliham sampah. Yang berbahan baku sampah hijau dan kotoran ternak.

"Melalui proses pengendapan, limbah yang sudah dipilah kemudian dijadikan pupuk, didaur ulang dan dimandaatkan lagi menjadi pupuk organik. Bisa dimanfaarkan lagi dan benilai ekonomi," beber Dekky.

BACA JUGA:DLH Kota Pagar Alam Komitmen Wujudkan Kota Pagar Alam yang Lebih Bersih dan Sehat

Sambungnya, adapun terobosan Gasnatan ini, sekaligus untuk melengkapi Proyek Perubahan dalam rangka Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II Dekky Aprizal.

Yang menggagas membentuk kelompok dan bank sampah melalui Gasnatan. Yang implementasinya pembuatan pupuk organik di TPS3R sebagai out put dari kegiatan ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: