Petualangan Seru ke Puncak Gunung Halau-Halau, Simbol Kekuatan Alam Kalimantan Selatan

Petualangan Seru ke Puncak Gunung Halau-Halau, Simbol Kekuatan Alam Kalimantan Selatan

Puncak Gunung Halau-Halau-Kolase by Pagaralampos.com-net

Setiap pondok memiliki cerita unik yang diwariskan dari generasi ke generasi, menimbulkan pertanyaan apakah legenda ini berdasarkan fakta atau hanya mitos yang memperkaya warisan budaya Gunung Raung.

Pondok Sumur: Tempat Pertapaan Sakti

BACA JUGA:Berikan Kenyamanan Berwisata, Kapolres Pagar Alam Patroli Objek Wisata Gunung Dempo

Pondok Sumur dikenal dengan nama ini karena terdapat sebuah sumur yang konon menjadi tempat pertapaan seorang petapa sakti dari Gresik. 

Meskipun sumur tersebut kini sudah tidak terlihat secara kasat mata, lokasi ini tetap menjadi tempat favorit para pendaki untuk berkemah. 

Keberadaan pondok ini menambah nuansa mistis Gunung Raung, membuat para pendaki merasa seolah-olah mereka sedang menginjak tanah yang penuh sejarah dan legenda.

Pondok Mayit: Jejak Bangsawan Belanda

BACA JUGA:6 Fakta Menarik Gunung Bulu Nti, Spot Pendakian yang Wajib Dicoba Dekat Palu

Pondok Mayit mendapat namanya dari cerita yang mengatakan bahwa sering ditemukan mayat yang tergantung di pohon di sekitar area pondok ini. 

Menurut legenda, mayat-mayat tersebut adalah bangsawan Belanda yang dibunuh oleh pejuang Indonesia pada masa penjajahan. 

Cerita ini menambah kesan menyeramkan pada Pondok Mayit, mengingatkan para pendaki akan masa lalu yang kelam dan perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan.

Pondok Dhemit: Pasar Gaib di Malam Hari

BACA JUGA:Taukah Kamu? Inilah Sejarah dan Misteri Gunung Muria yang Banyak Belum Diketahui

Pondok Dhemit memiliki cerita yang tak kalah menarik. Pada malam-malam tertentu, lokasi ini dikatakan menjadi riuh seperti pasar malam, lengkap dengan alunan musik dan suara keramaian. 

Namun, ketika orang mendekat, mereka hanya menemukan hutan yang sepi tanpa tanda-tanda aktivitas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: