Kulit Cantik, Kesuburan Terjaga: Peran Penting Vitamin E dalam Kesehatan

Kulit Cantik, Kesuburan Terjaga: Peran Penting Vitamin E dalam Kesehatan

Kulit Cantik, Kesuburan Terjaga: Peran Penting Vitamin E dalam Kesehatan-Foto: net-

Suplemen yang mengandung vitamin C, vitamin E, dan seng dapat melindungi kulit dan mempercepat penyembuhan luka bakar berkat kandungan antioksidan yang dimilikinya.

Manfaat Vitamin E untuk Kesuburan:

Selain kesehatan kulit, vitamin E juga berperan dalam menjaga kesuburan baik pada pria maupun wanita. Pada pria, antioksidan dalam vitamin E dapat memperbaiki kualitas sperma yang rusak akibat radikal bebas.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung selenium, vitamin E, dan vitamin C dapat meningkatkan kualitas dan motilitas sperma.

BACA JUGA:Rahasia Kesehatan Ikan Tuna yang Belum Banyak Diketahui!

BACA JUGA:Mengapa Lavender Layak Diperhitungkan? 5 Manfaat Kesehatan yang Jarang Disadari

Pada wanita, vitamin E dapat melindungi organ reproduksi dari radikal bebas yang dapat mengganggu kesuburan. Konsumsi makanan atau suplemen yang mengandung vitamin E juga dapat mendukung kualitas sel telur, sehingga meningkatkan peluang hamil.

Penggunaan Suplemen Vitamin E dengan Benar:

Penggunaan vitamin E harus sesuai aturan karena dosis yang tidak tepat dapat berdampak negatif pada tubuh. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan suplemen vitamin E adalah:

- Sesuaikan dengan kondisi tubuh: Ada beberapa kondisi di mana penggunaan suplemen vitamin E tidak dianjurkan, seperti pada wanita hamil, setelah operasi, penderita stroke, kekurangan vitamin K, gangguan pembekuan darah, atau penggunaan obat-obatan tertentu.

BACA JUGA:Atasi Gula Darah dan Banyak Lagi! Manfaat Menakjubkan Ketan Hitam untuk Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Khasiat Jamur Enoki untuk Tubuh Selain Mendukung Kesehatan Jantung

- Konsumsi sesuai dosis: Dosis suplemen vitamin E untuk orang dewasa adalah 22,4 IU. Dosis berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti diare, kram perut, mual, kelelahan, sakit kepala, memar, ruam, pendarahan, dan gangguan penglihatan.

- Hindari penggunaan bersamaan dengan multivitamin: Vitamin E sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan multivitamin lain yang mengandung vitamin larut lemak seperti vitamin A, D, dan K dalam jumlah berlebihan.

Manfaat vitamin E dari suplemen benar-benar bisa dirasakan oleh orang-orang yang kekurangan vitamin E. Kondisi ini jarang terjadi, tetapi bisa dialami oleh mereka yang menjalani diet rendah lemak, memiliki gangguan pencernaan, kelainan genetik, atau menderita fibrosis kistik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: