APC Namer Rontok Disengat Rudal Anti Tank Hamas, 8 Prajurit Israel Tewas

APC Namer Rontok Disengat Rudal Anti Tank Hamas, 8 Prajurit Israel Tewas

Foto : Ranpur.-APC Namer Rontok Disengat Rudal Anti Tank Hamas, 8 Prajurit Israel Tewas-Humas polrk

PAGARALAMPOS.COM - Ranpur lapis baja angkut personel atau Amoured Personnel Carrier (APC) Namer milik Israel kembali menjadi sorotan.

Setelah Namer yang membawa delapan pasukan itu disengat rudal anti tank dalam jarak sangat dekat di Gaza.

Kedelapan pasukan Israel dlaporkan tewas dalam serangan tersebuk, dan video yang memperlihatkan detik-detik serangan terhadap Namer menjadi viral di jagad media sosial.

Seperti terlihat dalam video yang diposting akun X @zhao_dashuai, Namer Israel bergerak perlahan dalam reruntuhan bangunan di Gaza.

BACA JUGA:Intervensi Israel Saat Idul Adha, Larang Hewan Kurban Masuk Gaza

Secara tak terduga sebuah serangan rudal anti tank dari pejuang Hamas mengenai telak sisi lambung ranpur tersebut, dan seketika menciptakan ledakan kuat.

Dari tampilan Namer jauh lebih besar dari APC lawas  M113, lantaran bodi Namer mengambil sasis MBT (Main Battle Tank).

Maka ada pula yang mengkategorikan Namer sebagai Heavy Armored Personnel Carrier. Namer yang berarti Harimau, adalah elemen utama dari modernisasi yang dicanangkan Angkatan Bersenjata Israel (IDF).

Desain Namer terbaru didasarkan pada sasis MBT Merkava Mk4. Sementara, prototipe pertama Namer, yang disebut Namera (Harimau Betina), didasarkan pada sasis MBT Merkava Mk1 yang dianggap sudah ketinggalan zaman.

BACA JUGA:Permudah Bantuan Kemanusian, Israel Umumkan Jeda Taktis di Gaza Selatan

Saat ini Namer diklaim sebagai salah salah satu APC paling terproteksi di dunia, yang memberi tingkat perlindungan pada infanteri dan mobilitas yang setara dengan MBT terbaru.

Batch pertama Namer dikirimkan pada tahun 2008. Pada tahun 2017 Israel berencana untuk mengakuisisi total 170 unit Namer.

Awalnya direncanakan 386 kendaraan namun kemudian jumlah ini berkurang karena pemotongan anggaran.

Namer dilengkapi dengan proteksi armor modular dan Meil Ruach active protection system, yang umumnya dikenal sebagai Trophy active protection system (APS). Untuk pertama kalinya sistem proteksi aktif digunakan sebagai elemen integral.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: