Mengintip Pesona Gili Genting: Pulau Cantik di Sumenep yang Ditinggal Merantau Oleh Penduduknya

Mengintip Pesona Gili Genting: Pulau Cantik di Sumenep yang Ditinggal Merantau Oleh Penduduknya

Mengintip Pesona Gili Genting: Pulau Cantik di Sumenep-Kolase by pagaralampos.com-Net

PAGARALAMPOS.COM - Pulau Gili Genting, terletak di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menawarkan pesona alam yang memukau sekaligus kaya akan sejarah dan budaya. 

Dengan luas mencapai 30,31 kilometer persegi, pulau ini menjadi rumah bagi mayoritas suku Madura, yang menjaga kekayaan budaya mereka dengan teguh.

Secara administratif, Gili Genting adalah bagian dari Kecamatan Giligenting yang terbentuk resmi pada tahun 1982 berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) Nomor 7 Tahun 1982. 

Kecamatan ini mencakup delapan desa utama seperti Aenganyar, Gedugan, Bringsang, Galis (Pulau Gili Genting), Banbaru, Ban Maleng, Lombang, dan Jate (Pulau Gili Raja), dengan pusat aktivitas administratif berada di Gili Genting sendiri.

BACA JUGA:Wisata Alam Sumber Jenon yang Menyegarkan! Tempat Liburan Murah Meriah di Malang

Salah satu fenomena menarik dari masyarakat Gili Genting adalah tradisi merantau ke kota-kota besar seperti DKI Jakarta, Serang, Cirebon, dan Banten untuk meningkatkan taraf hidup.

Banyak dari mereka yang membuka usaha toko sembako di tempat-tempat perantauan, seperti lebih dari 500 toko sembako yang dimiliki oleh warga Giligenting di Cirebon, Jawa Barat. 

Meskipun menjauh dari tanah kelahiran, mereka menjaga kebersamaan dan persaudaraan, terbukti dengan berdirinya organisasi IKAMA (Ikatan Keluarga Madura) untuk memperkuat hubungan sosial antarperantau.

Pulau Gili Genting tidak hanya menarik perhatian dengan sejarah dan budayanya, tetapi juga keindahan alamnya yang menawan. 

BACA JUGA:Inilah 6 Rekomendasi Wisata di Aceh yang Miliki Keindahan Menakjubkan

Wisatawan dapat menikmati berbagai atraksi seperti pantai dengan pasir putih dan air laut yang jernih. 

Salah satu pantai yang terkenal di pulau ini adalah Pantai Sembilan, dinamai demikian karena gundukan pasirnya yang membentuk pola menyerupai angka sembilan secara alami. 

Pantai ini, awalnya dikenal sebagai Pantai Bringsang, kini menjadi destinasi favorit para pengunjung karena keindahan alamnya yang memesona.

Pantai Sembilan dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang pengalaman wisatawan, termasuk bungalo, ayunan, serta berbagai wahana olahraga air seperti banana boat dan donat boat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: