Disperkimtan Kota Pagar Alam Sosialisasikan Baseline Data dan 7 Indikator Kumuh Pemukiman, Ini Tujuannya!

Disperkimtan Kota Pagar Alam Sosialisasikan Baseline Data dan 7 Indikator Kumuh Pemukiman, Ini Tujuannya!

Disperkimtan Kota Pagar Alam Sosialisasikan Baseline Data dan 7 Indikator Kumuh Pemukiman, Ini Tujuannya!--

PAGARALAMPOS.COM - Dalam upaya merumuskan program pembangunan yang berkaitan dengan pemukiman, Dinas Perumahan Kawasan pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Pagar Alam mengadakan sosialisasi mengenai Baseline Data dan 7 Indikator Kumuh pemukiman.

Acara ini dilaksanakan di Aula Kecamatan Pagar Alam Utara pada Selasa, 11 Juni.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Dawam SH, yang mewakili Pj Walikota Pagar Alam, menyampaikan pentingnya kawasan pemukiman sebagai salah satu komponen utama dalam pembangunan kota.

"Dengan sosialisasi ini, kita dapat mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk perencanaan program penanggulangan pemukiman kumuh di Kota Pagar Alam," ujarnya saat membuka acara.

BACA JUGA:Desiminasi Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagaralam, Membangun Harmoni dan Keamanan Bersama, Ini Tujuannya!

Kadisperkimtan, David Kenedi ST, melalui Kabid Waskim, Dodi ST, menjelaskan bahwa tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang baseline data dan indikator kumuh pemukiman.

Terdapat 7 indikator kumuh meliputi aspek keteraturan bangunan, jalan lingkungan, drainase permukiman, sanitasi, air bersih, proteksi kebakaran, dan persampahan.

Melalui kegiatan ini, para pihak yang terlibat diharapkan dapat berkontribusi dalam pengumpulan data.

Data baseline kawasan pemukiman ini sangat penting sebagai dasar untuk merumuskan kebijakan dan program pembangunan yang lebih terarah dan tepat sasaran.

BACA JUGA:Sinergitas Antar RT/RW Adalah Pondasi Untuk Kemajuan Bersama, Ini Upaya Ruli Tingkatkan Sinergi RT/RW!

Dengan memiliki data yang akurat, dapat membantu dalam mewujudkan kawasan pemukiman yang layak huni dan berkelanjutan.

Dodi menegaskan bahwa data tersebut juga akan menjadi dasar untuk merumuskan kebijakan dan program pembangunan yang tepat sasaran. 

Menyadari pentingnya data yang akurat dalam perencanaan pembangunan, Disperkimtan Pagar Alam menekankan bahwa partisipasi dari berbagai pihak sangat diperlukan.

Dengan melibatkan OPD, Camat, Lurah, dan komponen masyarakat lainnya, diharapkan data yang terkumpul dapat mencerminkan kondisi yang sebenarnya dan menjadi landasan yang kuat dalam merumuskan kebijakan dan program yang efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: