Kapulaga: Rempah Tradisional dengan Segudang Khasiat

Kapulaga: Rempah Tradisional dengan Segudang Khasiat

Kapulaga: Rempah Tradisional dengan Segudang Khasiat-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Kapulaga, rempah-rempah yang berasal dari India dan banyak ditemukan di Indonesia, dikenal dengan nama latin Elettaria cardamomum. Rempah ini memiliki rasa asin dan sedikit manis, serta sering digunakan untuk menambah cita rasa dan aroma pada masakan.

Kapulaga memiliki cita rasa hangat dan aromatik, dengan sedikit manis dan rempah dari minyak atsirinya.

Manfaat kapulaga meliputi kemampuan antimikroba dan pencegahan sakit maag. Rempah ini kaya akan nutrisi yang mendukung kesehatan jantung, seperti serat, magnesium, mangan, zat besi, zinc, kalsium, dan kalium.

Antioksidan dalam kapulaga juga melindungi jantung dari radikal bebas dan peradangan, mengurangi risiko penyakit jantung.

BACA JUGA:Tau Gak? Ternyata Kacang Buncis Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh Loh!

BACA JUGA:Manfaat Rebung yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Cari Tau Apa Saja!

Selain menambah cita rasa masakan, kapulaga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengontrol tekanan darah, mengatasi masalah pencernaan, mencegah bau mulut, dan melawan sel kanker.

Nutrisi yang terkandung dalam kapulaga, seperti protein, karbohidrat, serat, mangan, kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor, memberikan banyak manfaat kesehatan.

Berikut lima manfaat kapulaga untuk kesehatan:

1. Kemampuan Antimikroba 

Penelitian yang diterbitkan dalam Molecules menemukan bahwa minyak esensial kapulaga efektif membunuh beberapa jenis bakteri dan jamur.

BACA JUGA:Dibalik Rasa Asamnya! Ternyata Asam Jawa Miliki Sejuta Manfaat untuk Kesehatan Loh!

BACA JUGA:5 Tips Sederhana Jaga Kesehatan Tubuh Saat Liburan

Minyak atsiri kapulaga menunjukkan aktivitas antimikroba terhadap hampir semua mikroorganisme yang diuji, dan berpotensi menjadi komponen obat antimikroba baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: