6 Penyebab Munculnya Kulit Belang dang Tips Mudah Mengatasinya

6 Penyebab Munculnya Kulit Belang dang Tips Mudah Mengatasinya

6 Penyebab Munculnya Kulit Belang dang Tips Mudah Mengatasinya -Foto: net-

Kulit belang dan bintik hitam pada kulit bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari. Pada dasarnya, kulit membutuhkan sinar matahari untuk memproduksi vitamin D yang penting untuk tulang.

Namun, harus dipahami bahwa paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat menyebabkan kulit terbakar dan perubahan warna pada kulit.

6. Penyebab Lainnya

Kulit belang akibat hiperpigmentasi juga bisa terjadi karena pemakaian obat-obatan tertentu, seperti minosiklin; penyakit endokrin, seperti penyakit Addison; dan kondisi hemokromatosis atau kelebihan zat besi di dalam tubuh.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah Manfaat Baik dari Mengkonsumsi Teh Kombucha Baik untuk Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Hindari 5 Jenis Makanan Ini Saat Berpuasa untuk Jaga Kesehatan Tubuh

Sementara itu, kulit belang akibat hipopigmentasi dapat terjadi karena peradangan kulit dan infeksi jamur seperti panu. Namun, Pada anak-ana kulit belang berupa bercak putih, halus, dan kering pada wajah disebut Pityriasis alba.

Bagaimana Cara Mengatasi Bercak pada Kulit?

Pengobatan untuk mengatasi bercak pada kulit perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Oleh karena itu, pemeriksaan langsung oleh dokter perlu dilakukan untuk memastikan penyebab dari bercak pada kulit yang Anda alami.

Jika sudah diketahui penyebabnya, dokter akan memberikan obat-obatan, baik dalam bentuk obat oles atau obat minum.

BACA JUGA:Dibalik Rasa Asamnya! Ternyata Asam Jawa Miliki Sejuta Manfaat untuk Kesehatan Loh!

BACA JUGA:5 Tips Sederhana Jaga Kesehatan Tubuh Saat Liburan

Untuk menghindari bercak pada kulit karena paparan sinar matahari, pastikan selalu menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF yang cukup. 

Jika bercak pada kulit disebabkan oleh kelainan genetik, tindakan konseling bisa dilakukan agar tidak memengaruhi psikologis penderitanya. Meskipun tidak bisa diobati, pemakaian kosmetik yang tepat dapat dilakukan untuk menutupinya.

Jika keluhan bercak pada kulit sudah memengaruhi kondisi psikis, sulit dihilangkan, tidak diketahui penyebabnya, terasa gatal, nyeri, atau kebas, segera periksakan ke dokter agar dapat dilakukan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: