Satlantas Polres dan Dishub Pagaralam Periksa Kelayakan Kendaraan dan Kesehatan Pengemudi Angkutan Umum

 Satlantas Polres dan Dishub Pagaralam Periksa Kelayakan Kendaraan dan Kesehatan Pengemudi Angkutan Umum

Satlantas Polres dan Dishub Pagaralam Periksa Kelayakan Kendaraan dan Kesehatan Pengemudi Angkutan Umum--

PAGARALAMPOS.COM - Menjelang libur besar Idul Adha, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pagaralam bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pagaralam menggelar operasi pemeriksaan kelayakan kendaraan dan angkutan umum.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang yang akan melakukan perjalanan selama musim libur tersebut.

Operasi pemeriksaan ini dilakukan di Markas PO Sinar Dempo dan Markas PO Telaga Indah Armada pada Rabu, 29 Mei.

Tim gabungan yang terdiri dari personel Dishub dan kepolisian bertugas memeriksa kendaraan angkutan penumpang yang akan beroperasi selama libur Idul Adha.

BACA JUGA: Batik Seghumpun Kecubung, Pemkot Kenalkan Karya Budaya Pagaralam di Sriwijaya Expo Tahun 2024

"Saat pengecekan kendaraan tidak ditemukan PO secara kendaraan yang tidak layak," ungkap Kasat Lantas AKP Teguh Hidayat, SH.

Pemeriksaan yang dilakukan tidak hanya terbatas pada kondisi fisik kendaraan, tetapi juga melibatkan pengecekan kesehatan pengemudi.

Menurut AKP Teguh Hidayat, SH, setiap tahun pemeriksaan tersebut wajib dilakukan menjelang hari libur besar untuk memastikan bahwa kendaraan yang beroperasi dalam kondisi yang layak serta pengemudinya dalam keadaan sehat.

Dalam operasi ini, pihak berwenang memberikan sanksi kepada kendaraan yang tidak memenuhi syarat keselamatan, seperti kendaraan yang tidak dalam kondisi layak beroperasi.

BACA JUGA:76 Ribu Kendaraan Diblokir Pertamina Untuk Isi BBM, Ini Alasannya?

"Untuk kendaraan yang fasilitasnya tidak lengkap kita berikan teguran kepada PO. Kemudian jika uji KIR kendaraan mati diberikan sanksi administrasi penilangan," jelasnya.

Meskipun demikian, pihak berwenang juga memberikan imbauan kepada penyedia jasa angkutan umum untuk memastikan bahwa fasilitas kendaraan telah memenuhi standar keselamatan dan kenyamanan.

"Fasilitas yang kurang harus dilengkapi, demi kenyamanan penumpang serta keselamatan di jalan," tandasnya.

Pantauan di lapangan menunjukkan bahwa petugas gabungan secara aktif memeriksa sejumlah kendaraan penumpang yang masuk ke terminal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: