Ternyata Begini 6 Cara Menghilangkan Perut Kembung yang Efektif

Ternyata Begini 6 Cara Menghilangkan Perut Kembung yang Efektif

Ternyata Begini 6 Cara Menghilangkan Perut Kembung yang Efektif-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Perut kembung terjadi ketika udara atau gas terperangkap di dalam saluran pencernaan, menyebabkan Perut terasa penuh, sesak, dan tertekan.

Meskipun umumnya bersifat ringan dan dapat mereda dengan sendirinya dalam beberapa jam atau beberapa hari, perut kembung dapat menjadi masalah yang mengganggu aktivitas sehari-hari jika terjadi secara terus-menerus.

Perut kembung dapat dipicu oleh berbagai faktor, termasuk makan berlebihan, konsumsi makanan tinggi garam, intoleransi laktosa, atau perubahan hormon selama menstruasi.

Selain itu, keluhan ini juga dapat disebabkan oleh masalah kesehatan seperti sembelit, penyakit asam lambung (GERD), sindrom iritasi usus besar (IBS), atau penyakit radang usus (IBD).

BACA JUGA:Kamu Wajib Tau! Inilah Tips Sederhana Jaga Kesehatan Tubuh Saat Sedang Travelling

BACA JUGA:Mengenal Peran Penting Buah Kurma yang Ternyata Kaya Akan Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Untuk mengatasi perut kembung, diperlukan penanganan yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Selain menjalani pijatan perut dan mengonsumsi obat-obatan, mengatur pola makan, menghindari makanan yang dapat menyebabkan gas, dan berolahraga secara teratur juga dapat membantu mengurangi gejala perut kembung.

Jika perut kembung terus berlanjut atau semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan lebih lanjut.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut kembung:

1. Gunakan minyak esensial untuk memijat perut. 

Pijatan lembut di sekitar perut dapat merangsang gerakan gas yang terperangkap di usus sehingga bisa keluar melalui kentut atau sendawa.

BACA JUGA:5 Tips Sederhana Jaga Kesehatan Tubuh Saat Liburan

BACA JUGA:Jangan Tunggu Sakit! Begini Tips Ampuh Jaga Kesehatan Tubuh di Saat Musim Hujan

Cobalah menggosok perut secara perlahan-lahan dengan gerakan memutar dan tekanan yang ringan. Minyak peppermint dapat digunakan untuk memijat perut karena dapat melemaskan otot di saluran pencernaan dan memberikan efek menenangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: