Catat! Inilah 6 Makanan Penyebab Tipes yang Perlu Diwaspadai

Catat! Inilah 6 Makanan Penyebab Tipes yang Perlu Diwaspadai

Catat! Inilah 6 Makanan Penyebab Tipes yang Perlu Diwaspadai-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Makanan penyebab tipes mencakup makanan yang terkontaminasi bakteri, masih mentah, setengah matang, atau diolah oleh individu yang tidak menjaga kebersihan diri dengan baik. Jajanan pinggir jalan sering menjadi tempat penyebaran bakteri penyebab tipes.

Tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang menginfeksi usus kecil, menyebabkan demam tinggi, sakit perut, sembelit atau diare, kelelahan, nyeri otot, dan kehilangan nafsu makan. Bakteri ini menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi.

Bakteri tipes berasal dari kotoran individu yang terinfeksi. Kurangnya kebersihan dapat menyebabkan kontaminasi makanan yang disentuhnya, yang kemudian dapat menginfeksi orang lain yang mengonsumsinya.

Meskipun tidak ada makanan tertentu yang secara spesifik menyebabkan tipes, makanan yang belum matang atau jajanan pinggir jalan memiliki risiko lebih tinggi terkontaminasi bakteri S. typhi, yang dapat menyebabkan gejala tipes.

BACA JUGA:Mengenal Detoks dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Kamu Wajib Tau! Inilah Tips Sederhana Jaga Kesehatan Tubuh Saat Sedang Travelling

Langkah-langkah pencegahan tipes penting, termasuk menghindari konsumsi makanan yang dapat menyebabkan tipes. Beberapa makanan rentan terkontaminasi bakteri S. Typhi meliputi:

1. Sayuran mentah:

Terutama brokoli, salad, kangkung, dan kol. Pastikan untuk mencuci sayuran dengan air matang yang bersih sebelum mengonsumsinya.

2. Buah yang tidak dicuci bersih:

Seperti apel, pir, stroberi, anggur, dan jambu. Cucilah buah-buahan secara menyeluruh sebelum mengonsumsinya.

3. Daging atau telur setengah matang:

Pastikan daging dan telur dimasak sepenuhnya sebelum dikonsumsi.

BACA JUGA:Mengenal Detoks dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: