Inilah Katakomba, Makam Bawah Tanah Sepanjang 1.000 KM di Romawi

Inilah Katakomba, Makam Bawah Tanah Sepanjang 1.000 KM di Romawi

Foto : Kubjran kuno Katakomba.-Inilah Katakomba, Makam Bawah Tanah Sepanjang 1.000 KM di Romawi-National geographic

PAGARALAMPOS.COM - Di luar tembok Roma, terdapat sistem makam bawah tanah yang luas dan membentang sekitar seribu kilometer. Disebut Katakomba.

Katakomba merupakan ruangan atau jalan di bawah tanah yang biasanya digunakan untuk keperluan religius, biasanya merupakan kuburan bawah tanah.

Bersumber dari The Twelve Tables, bahwa 'orang mati tidak boleh dikuburkan atau dibakar di kota'. Sesuai dengan hukum Romawi, Katakomba terletak tepat di luar tembok kota. 

Karena itu, jalan menuju dan dari Roma menjadi permakaman populer. Yang paling penting adalah Via Appia Antica, yang dibangun pada tahun 312 SM.

BACA JUGA:Mengenal Khalid bin Walid: Kisah Seorang Pahlawan Islam yang Menaklukan Persia dan Romawi

Jalan ini adalah jalan besar Romawi yang pertama dan menampung beberapa katakomba terbesar dan tertua.

Katakomba Saint Callixtus, jaringan bawah tanah terbesar, adalah permakaman resmi Gereja Roma pada abad ke-3 M dan berisi lebih dari setengah juta makam Kristen. Besarnya ukuran dan kompleksitas bentang alam ini sungguh mencengangkan.

Dibangun di tambang yang sudah ada sebelumnya, ruang makam digali untuk menampung ruang pribadi milik keluarga.

Katakomba Roma digunakan dari abad ke-1 hingga ke-5 Masehi. Pada awalnya, jenazah orang Romawi dikremasi.

BACA JUGA:Peneliti Berhasil Temukan Ribuan Kuburan Kuno Seperti Galaksi yang Tertangkap Satelit

Tetapi pada awal abad ke-2, praktik tersebut telah berubah menjadi pemakaman. Hal ini memunculkan makam bergaya lebih mewah, arcosolium. Makam tersebut biasanya memiliki lengkungan yang dihias.

Katakomba kemudian berubah menjadi tempat ibadah,” tulis Hannah Harms di laman The Collector. Untuk tujuan itu, basilika besar dibangun di atas katakomba dari abad ke-4 hingga ke-7 untuk mengakomodasi peningkatan peziarah.

Pada abad ke-8, peninggalan penting dipindahkan ke gereja untuk diamankan dan katakomba kehilangan maknanya. Katakomba akhirnya tidak digunakan lagi dan benar-benar dilupakan pada abad ke-12.

Sosok dimakamkan di katakomba

Kebiasaan menguburkan orang yang meninggal di ruang (hypogea) bawah tanah juga dilakukan oleh komunitas Yahudi dan pagan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: