Penemuan Fosil Tulang Dinosaurus: Mengungkap Jejak Sejarah Dunia

Penemuan Fosil Tulang Dinosaurus: Mengungkap Jejak Sejarah Dunia

Penemuan Fosil Tulang Dinosaurus: Mengungkap Jejak Sejarah Dunia-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Sejarah dunia penuh dengan penemuan unik dan mencengangkan yang mengungkap misteri masa lalu. Salah satu temuan yang paling menakjubkan adalah fosil dinosaurus, yang membuka jendela ke masa prasejarah Bumi, mengungkap evolusi dan adaptasi makhluk hidup.

Belum lama ini, para ilmuwan menemukan fosil sauropoda raksasa yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

Menurut laporan dari Detik.com yang mengutip Live Science, dinosaurus ini memiliki karakteristik unik yang berpotensi mengungkap lebih banyak tentang evolusi dinosaurus raksasa berleher panjang.

Tim ilmuwan Jerman menemukan jejak kaki sauropoda seberat 30 ton yang diperkirakan berusia 145 juta tahun di bekas tambang di Lower Saxony, Jerman. "Jejak ini sangat panjang dan dalam kondisi yang sangat baik," kata pemimpin ekskavasi Benjamin Englich kepada Reuters.

BACA JUGA:Warisan Sejarah Kerajaan Banjar: Pentingnya Menjaga Keberagaman Budaya

BACA JUGA:Menggali Keagungan Candi Poh: Destinasi Wisata Sejarah di Desa Kalijurang, Brebes

Mereka menemukan jejak kaki sepanjang 50 meter dengan garis tengah 1,2 meter yang tak terputus di Rehburg-Loccum, dekat Hanover.

Penemuan jejak kaki ini menambah wawasan tentang sauropoda, dinosaurus berat dengan leher dan ekor panjang, yang hidup sekitar 135 hingga 145 juta tahun lalu. Selain itu, sisa-sisa fosil dinosaurus Garumbatitan morellensis ditemukan di situs fosil Sant Antoni de la Vespa, Spanyol, antara 2005 dan 2008.

Fosil ini berasal dari periode Cretaceous Awal, sekitar 145 hingga 66 juta tahun yang lalu, dan dipublikasikan dalam Zoological Journal of the Linnean Society pada 28 September. Garumbatitan morellensis termasuk dalam kelompok titanosaurus, sauropoda terbesar yang bertahan hingga asteroid menghantam Bumi 66 juta tahun lalu. 

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Kerajaan Banjar: Perjalanan Kerajaan Islam di Kalimantan Selatan

BACA JUGA:Ketahui 6 Fakta Gunung Galunggung di Tasikmalaya, yang Punya Keindahan Alam dan Sejarah yang Memikat

Salah satu fosil individu Garumbatitan morellensis menonjol karena ukurannya yang besar, dengan tulang belakang lebar lebih dari satu meter dan tulang paha mencapai dua meter.

Diperkirakan dinosaurus ini berukuran di atas rata-rata untuk titanosaurus, yang seringkali sebesar lapangan basket.

Titanosaurus adalah sauropoda terberat, namun bukan yang terpanjang. Gelar tersebut mungkin milik "Supersaurus," yang panjangnya mencapai 128 kaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: