Menjelajahi jejak Sejarah Sisa-sisa Masjid Kuno yang Berhasil Ditemukan Arkeolog di Israel

Menjelajahi jejak Sejarah Sisa-sisa Masjid Kuno yang Berhasil Ditemukan Arkeolog di Israel

Menjelajahi jejak Sejarah Sisa-sisa Masjid Kuno yang Berhasil Ditemukan Arkeolog di Israel -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Para arkeolog yang melakukan penelitian menunjukkan bahwa masjid ini dibangun pada tahun 635, pada masa penyebaran  Islam di  Levant, yang secara historis mengacu pada Mediterania Timur dan wilayah Asia Barat lainnya.

Menurut Arab News, masjid ini "mungkin dibangun oleh sahabat Nabi Muhammad, Syurahbil bin Hasanah, seorang panglima perang yang menaklukkan  Levant pada abad ke-7".

Para arkeolog di Israel menemukan reruntuhan masjid kuno yang diyakini berasal dari dekade awal Islam, selama penggalian di kota Tiberias pada tahun 2014 .

Fondasi masjid, yang digali tepat di sebelah selatan Laut Galilea oleh Hebrew University of Jerusalem, menunjukkan bahwa pembangunannya kira-kira satu generasi setelah wafatnya Nabi Muhammad, menjadikannya salah satu rumah ibadah Muslim paling awal yang dipelajari oleh arkeolog.

BACA JUGA:Menggali Sejarah Asal-usul Gunung Arjuna! Konon Hasil Petapaan Anggota Pandawa

BACA JUGA:Mengungkap Sejarah Makam Kuno di Bendungan Keureuto! Begini Rekomendasi Arkeolog

Lokasi ditemukannya masjid di Tiberias yang berasal dari abad ke-7 ini diyakini dibangun oleh sahabat Nabi Muhammad SAW.

Bagian luar  masjid yang ditemukan selama penggalian di Tiberias, Israel utara,  berasal dari abad ke-7. Sisa-Sisa masjid ini ditemukan di bawah bangunan lain sejak zaman Bizantium.

Para arkeolog yang melakukan penelitian menunjukkan bahwa masjid ini dibangun pada tahun 635, pada masa penyebaran  Islam di  Levant, dimana sejarah mengacu pada Mediterania Timur dan wilayah Asia di Barat.

Menurut Arab News, masjid ini "kemungkinan dibangun oleh Syurahbil bin Hasanah, sahabat Nabi Muhammad, seorang panglima perang yang menaklukkan  Levant pada abad ke-7".

BACA JUGA:Peta-Peta Penting Sepanjang Sejarah Kartografi, Dari Yang Kuno Hingga Pencetus Globe

BACA JUGA:Jadi Bukti Peradaban Manusia di Zaman Batu! Arkeolog Berhasil Temukan Benteng Prasejarah di Serbia

"Kami mengetahui banyak masjid awal yang didirikan tepat pada awal periode Islam," kata Katia Cytryn-Silverman, spesialis arkeologi Islam di Hebrew University yang memimpin penggalian, dikutip dari The Guardian.

Masjid-masjid lain yang berasal dari masa yang sama, seperti Masjid Nabawi di Madinah, Masjid Agung Damaskus, dan Masjid al-Aqsa di Yerusalem, masih digunakan sampai sekarang dan tidak dapat dirusak oleh para arkeolog.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: