Menelusuri Jejak Sejarah Perkembangan Islam di Kota Muslim Kuno Ethiopia

Menelusuri Jejak Sejarah Perkembangan Islam di Kota Muslim Kuno Ethiopia

Menelusuri Jejak Sejarah Perkembangan Islam di Kota Muslim Kuno Ethiopia -Foto: net-

Ethiopia telah menjadi situs penggalian penting untuk penelitian peradaban manusia paling awal. Lucy, fosil berumur 3,18 juta tahun yang merupakan anggota nenek moyang manusia awal Australopithecus afarensis, ditemukan di Ethiopia pada tahun 1974.

BACA JUGA:Perjalanan Spiritual di Candi Mendut: Mendalami Kekayaan Sejarah Magelang, Benarkah Lebih Tua dari Borobudur?

BACA JUGA:Sebuah Transformasi Bersejarah Biara Khora di Turki Kembali Jadi Masjid Kariye

"Penemuan ini mengatasi hampir tidak adanya arkeologi Islam di Etiopia," kata Insoll seperti dikutip dari News Week.

Masjid tersebut memiliki kemiripan dengan masjid lain yang ditemukan di Tanzania dan Somaliland, wilayah Somalia yang telah mendeklarasikan otonominya, yang menunjukkan adanya kontak dan hubungan antara komunitas Islam awal di Afrika Timur.

Para peneliti juga menemukan pecahan bejana kaca, kristal batu, batu akik (batu permata semimulia), manik-manik kaca, cangkang cowry, dan tembikar.

Beberapa artefak tersebut berasal dari India dan China, dan tim juga menemukan koin dari Mesir abad ke-13. Petani lokal juga terkadang menemukan benda-benda seperti koin China.

BACA JUGA:Mengenal Sejarah dan 5 Fakta Menarik Candi Singosari di Jawa Timur

BACA JUGA:Mengungkap Rahasia situs Tutari dan wisata sejarah Papua yang Penuh Misteri

Penemuan di Harlaa merupakan bukti pertama adanya hubungan antara Ethiopia dan wilayah Teluk, India, dan Afrika Utara ratusan tahun yang lalu. 

Para arkeolog juga menemukan sisa-sisa 300 orang yang dikuburkan di kuburan yang sedang diperiksa untuk mengetahui jenis makanan apa yang mereka konsumsi.

Insoll mengatakan bahwa proyek ini memakan waktu dua tahun untuk diselesaikan dan penggalian lebih lanjut dapat mengungkap artefak yang lebih awal.

 

 

Artikel ini telah tayang dilaman inet.detik.com dengan judul: Kota Muslim Kuno di Ethiopia Ungkap Sejarah Islam di Afrika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: