Media Vietnam Kritik Perubahan Jadwal Kick Off Timnas Indonesia

Media Vietnam Kritik Perubahan Jadwal Kick Off Timnas Indonesia

Media Vietnam Kritik Perubahan Jadwal Kick Off Timnas Indonesia--

PAGARALAMPOA.COM - Dalam persiapan untuk dua pertandingan terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Timnas Indonesia telah memicu kontroversi dengan perubahan jadwal kick off, yang menurut media Vietnam, Soha VN, merupakan langkah yang merugikan bagi Vietnam.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menjadi pusat perhatian dengan keputusannya untuk mengganti waktu kick off pertandingan melawan Irak.

Sebelumnya, Timnas Indonesia dijadwalkan akan menghadapi Irak pada malam hari, namun, kick off pertandingan tersebut telah dipindahkan ke sore hari pukul 16.00 WIB.

Hal ini menjadi sorotan media Vietnam, yang menyebutnya sebagai upaya Shin Tae-yong untuk menjegal Vietnam.

BACA JUGA:Gelar Upacara Harkitnas, Kapolri : Eratkan Persaudaraan Menuju Indonesia Emas 2045

Meskipun Sumardji, Manajer Timnas Indonesia, mengakui bahwa perubahan ini merupakan permintaan dari Shin Tae-yong, Soha VN menilai bahwa hal tersebut bisa berdampak negatif bagi para pemain, terutama mereka yang baru debut bersama Timnas Indonesia.

Menurut Soha VN, pertandingan sore hari dapat membuat pemain menjadi lebih lelah, terutama para pemain asing yang baru bergabung dengan tim nasional seperti Nathan Tjoe-A-On dan Thom Haye.

Meskipun pada pandangan awalnya hal ini tampak sebagai keuntungan bagi Vietnam karena tidak mengalami tekanan psikologis dengan pertandingan yang berlangsung bersamaan, namun, media tersebut menganggap perubahan ini sebagai strategi untuk memengaruhi hasil pertandingan antara Vietnam dan Filipina.

Dengan perubahan jadwal kick off ini, Timnas Indonesia akan bermain dua jam lebih awal dari jadwal semula, sehingga ada kemungkinan mereka bisa mengalahkan Irak sebelum Vietnam bertanding melawan Filipina.

BACA JUGA:DPO Pembakaran Camp di Papua Tengah Ditangkap, Pelaku Anggota OPM

Jika skenario ini terjadi, Vietnam akan tersingkir sebelum bertanding, menyebabkan kondisi mereka turun drastis.

Hal ini memunculkan dugaan dari media Vietnam bahwa tindakan ini adalah upaya Shin Tae-yong untuk mempermainkan rekan satu negaranya, Kim Sam-sik, yang saat ini menjadi pelatih Vietnam.

Kim Sam-sik sendiri akan melakukan debutnya sebagai pelatih Vietnam saat timnya menjamu Filipina di Stadion My Dinh pada tanggal 6 Juni 2024. Soha VN menyoroti bahwa jika Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Irak, Vietnam akan otomatis tersingkir dari turnamen, menimbulkan konsekuensi yang signifikan bagi tim tersebut.

Sementara Timnas Indonesia hanya membutuhkan dua poin lagi untuk lolos ke putaran ketiga, langkah Shin Tae-yong ini memicu polemik dalam persiapan mereka untuk pertandingan krusial melawan Irak.

BACA JUGA:Komnas HAM Papua Apresiasi Langkah-Langkah Rekrutmen Polri yang Progresif di Papua

Meskipun di satu sisi hal ini bisa dianggap sebagai strategi untuk memberikan tekanan pada pesaing mereka, namun, implikasi dari perubahan jadwal ini menjadi perdebatan yang panas dalam dunia sepak bola Asia.

Dengan demikian, keputusan Shin Tae-yong untuk mempengaruhi jadwal pertandingan Timnas Indonesia telah menjadi bahan diskusi yang hangat, tidak hanya di Vietnam tetapi juga di seluruh penjuru Asia.

Dalam beberapa hari ke depan, dunia sepak bola akan menyaksikan bagaimana keputusan ini akan memengaruhi hasil akhir dari kualifikasi Piala Dunia 2026 di kawasan Asia. *
 
 


 



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: