10 Gunung Ini Dianggap Sakral dan Paling Suci dari Seluruh Dunia Loh

10 Gunung Ini Dianggap Sakral dan Paling Suci dari Seluruh Dunia Loh

10 Gunung Ini Dianggap Sakral dan Paling Suci dari Seluruh Dunia Loh -Foto: net-

Uluru adalah salah satu situs suci bagi orang Aborigin Pitjantjatjara.  Batu Uluru ditemukan seorang penjelajah bernama Ernest Giles pada 1872 dan pertama kali dikunjungi orang Eropa pada tahun berikutnya.

Batu dan taman di sekitarnya telah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1987.  UNESCO memberi taman itu gelar Warisan Dunia kedua pada 1994 karena signifikansi budayanya.

BACA JUGA:Menjelajahi Jejak Sejarah Candi Singosari di Malang yang Penuh Misteri

BACA JUGA:Mengenal Sejarah dan 5 Fakta Menarik Candi Singosari di Jawa Timur

4. Adam's Peak, Sri Lanka

Adam's Peak adalah gunung besar yang berbentuk kerucut dengan ketinggian 2.243 meter.  Di puncak gunung terdapat jejak kaki suci yang dihormati semua agama di Sri Lanka. 

Jejak kaki besar itu diyakini sebagai Buddha, Sri Rama dalam mitologi Hindu, dan Nabi Adam dalam agama Kristen maupun Islam. Selain menjadi tempat wisata yang suci, Adam's Peak juga sering didatangi para wisatawan untuk trekking karena memiliki keindahan yang tak tertandingi.

5. Gunung Ararat, Armenia

Gunung Ararat adalah salah satu gunung vulkanik di perbatasan Armenia dan Turki, yang terkenal ekstrem.  Gunung Ararat memiliki ketinggian 5.165 meter di atas permukaan laut dan menjadi salah satu puncak tertinggi di Turki.

BACA JUGA:Mengungkap Rahasia situs Tutari dan wisata sejarah Papua yang Penuh Misteri

BACA JUGA:Sejarah Peradaban Yunani Kuno Awalnya Tak Ada Penjara, Ternyata Orang Ini Penggagasnya

Ararat mempunyai dua puncak, yaitu Ararat besar dan kecil. Perbedaannya jika Ararat besar dan tidak memiliki pohon, sedangkan Ararat kecil terdapat beberapa kebun birch. 

Meskipun lapisan salju di Gunung Ararat sangat melimpah, namun daerah Ararat selalu mengalami kelangkaan air. Ararat secara tradisional dikaitkan dengan gunung tempat Bahtera Nuh beristirahat saat serangan air bah.

Nama Ararat sendiri seperti yang ada di dalam Alkitab, adalah padanan bahasa Ibrani dari Urardhu, atau Urartu yaitu Assyro-Babylonian. 

Assyro-Babylonian dulunya adalah sebuah kerajaan di Aras dan sungai Upper Tigris pada abad ke-9 hingga ke-7 SM. Ararat dianggap suci oleh orang Armenia karena percaya mereka adalah ras manusia pertama yang muncul di dunia setelah air bah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: