Diduga Miliki Hubungan Satu Kesatuan! 2 Situs Ini Ditemukan Dalam satu Komplek Peninggalan Kerajaan Majapahit

Diduga Miliki Hubungan Satu Kesatuan! 2 Situs Ini Ditemukan Dalam satu Komplek Peninggalan Kerajaan Majapahit

Diduga Miliki Hubungan Satu Kesatuan! 2 Situs Ini Ditemukan Dalam satu Komplek Peninggalan Kerajaan Majapahit -Foto: net-

Berdasarkan temuan ini tim BPK Jawa Timur kembali melakukan penggalian di beberapa area lapangan ini yang menghasilkan beberapa temuan.

Beberapa temuan tersebut diantaranya adalah pada area sebelah utara lapangan ditemukan sebuah struktur sudut pagar dengan dua arah pagar menuju arah selatan dan timur.

Pada bagian tengah lapangan ditemukan 2 struktur yang diduga kuat merupakan gapura paduraksa yang membatasi area yang lebih sakral.

BACA JUGA:Perjalanan Spiritual di Candi Mendut: Mendalami Kekayaan Sejarah Magelang, Benarkah Lebih Tua dari Borobudur?

BACA JUGA:Sebuah Transformasi Bersejarah Biara Khora di Turki Kembali Jadi Masjid Kariye

Setelah melakukan perekaman struktur, Tanggal 10 Agustus 2023 tim BPK Jawa Timur melakukan penimbunan galian hasil ekskavasi di lapangan Klinterejo ini.

Penimbunan ini dilakukan dengan melapisi struktur situs dengan bentangan plastik yang bertujuan untuk meminimalisir kerusakan.

Berdasarkan hasil temuan ini dapat digambarkan sebuah pola bahwa gapura besar yang ada di situs Klinterejo merupakan gapura utama sebagai pintu masuk menuju kompleks situs.

selanjutnya 2 struktur Gapura Paduraksa di area lapangan adalah pintu menuju area yang lebih sakral dari situs ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: