Penemuan Arkeolog di Gua Topogaro: Mengungkap Kehidupan Prasejarah Manusia

Penemuan Arkeolog di Gua Topogaro: Mengungkap Kehidupan Prasejarah Manusia

Penemuan Arkeolog di Gua Topogaro: Mengungkap Kehidupan Prasejarah Manusia-Foto: net-

Misi yang Dilakukan Sejak Setahun yang Lalu

Dalam misi ini, para arkeolog melakukan penggalian selama setahun yang lalu untuk mengungkap pusat keagamaan kota Ashmunin selama Kerajaan Baru hingga era Romawi. 

Tempat ini mencakup beberapa kuil, termasuk kuil Raja Ramses II.

Kepala misi dari pihak Amerika, Dr Yovona Trnka, menunjukkan bahwa misinya berhasil selama musim penggalian pertamanya di wilayah tersebut.

Terutama dalam memulihkan dan memasang kembali kolom-kolom granit raksasa yang terletak di sisi utara Basilika Ashmunin, yang dibangun diatas reruntuhan Kuil Ptolemaik, sebagai penghormatan kepada Santa Maria, selama abad keenam Masehi.

Kepala Departemen Peninggalan Sejarah Mesir Tengah, Dr Adel Okasha, mengatakan bahwa penemuan bagian besar dari patung Raja Ramses II ini menjadi sangat penting dalam mengungkap banyak penemuan arkeologi ke depannya.

Menurutnya, studi lebih lanjut tentang arkeologi juga harus dipersiapkan untuk membuat visualisasi tentang bagaimana patung tersebut terlihat secara keseluruhan.

Patung Raksasa yang Mencapai 7 Meter

Kepala misi dari pihak Mesir, Dr Bassem Jihad, menjelaskan bahwa bagian yang ditemukan terbuat dari batu kapur dan memiliki tinggi sekitar 3,80 meter.

"Itu menggambarkan Raja Ramses II duduk mengenakan mahkota ganda dan penutup kepala yang ditutupi ular kerajaan," paparnya dikutip dari situs Kementerian Pariwisata Mesir.

Adapun bagian atas kolom belakang patung, menunjukkan tulisan hieroglif tentang gelar untuk memuliakan raja. Ini menunjukkan bahwa ukuran patung ketika bagian bawahnya terpasang dapat mencapai sekitar 7 meter.

Sebagai informasi, Kota Ashmunin dikenal di Mesir kuno sebagai Khemnu, yang berarti Kota Delapan, karena merupakan pusat dari kultus Mesir untuk Thamun.

Kota itu dikenal di era Helenistik-Romawi sebagai Hermopolis Magna, dan merupakan pusat ibadah bagi dewa Djehuty dan ibu kota bagi wilayah kelima belas.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: