Perbedaan Mencolok Hindu Bali dan Hindu India, Belum Banyak Orang Pahami

Perbedaan Mencolok Hindu Bali dan Hindu India, Belum Banyak Orang Pahami

Adapun Hindu Bali memiliki Nyepi (tahun baru Saka), Galungan, Kuningan, Puja Saraswati, Siwaratri, dan Pagerwesi.

BACA JUGA:Rahasia Gelap di Balik Air Terjun Sono Kliwon, Kisah yang Bikin Merinding!

Hindu Bali dan Hindu India hanya memiliki dua hari libur yang sama, yakni Siwaratri dan Saraswati Puja.

Sistem Kasta India

Di India ada 5 kasta besar yaitu Brahmana (pendeta). Kshatriya (pejuang, penguasa), Vaisya (pedagang terampil, pedagang dan pejabat kecil).

Sudra (pekerja tidak terampil), dan Paria (beberapa orang menyebut Harijan, atau orang buangan, atau orang yang ‘tak tersentuh’, ‘anak-anak Tuhan’).

Selain ada 5 kasta besar di India, ada juga sekitar 3.000 kasta dan lebih dari 25.000 subkasta. Namun jangan kaget, di India kasta tinggi dan kasta rendah hidup terpisah.

BACA JUGA:Kehidupan dan Kehancuran: Kisah Kerajaan Buleleng dalam Sejarah Bali

Sekarang pun ada beberapa kasta tinggi yang tidak mau berbagi air, makanan hidup, dan segala sesuatunya dengan kasta rendah.

Sistem Kastanl di Bali

Di Bali, kondisi sosialnya lebih setara dan berbaur, yakni hanya memiliki 4 kasta tanpa subkasta. Ada Brahmana (pendeta).

Ksatria (pejuang, penguasa), Vaisya (pedagang terampil, pedagang dan pejabat kecil), dan Sudra (pekerja tidak terampil).

Dan lebih dari itu, kehidupan masyarakat di Bali saat ini lebih humanis. Sebab, pemerintah setempat telah melarang memperlakukan orang sesuai kasta.

BACA JUGA:Deretan Sejarah Bali Indonesia Yang Membuatnya Terkenal Di Manca Negara!

Perbedaan perekonomian antara kasta tinggi dan kasta rendah perlahan terkikis dan membuat umat Hindu Bali lebih santai dibandingkan umat Hindu India.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: